Penting Banget

Tersirat Juga Tersurat

3/09/2017 Abdul Jabbar Fathoni 6 Comments

TJT
Maknanya loh ya. Penting Loh!

BUKAN!

Aku bukannya mau membahas soal tersirat ataupun juga tersurat. Justru yang aku maksudkan dari judul ini adalah aku akan bercerita tentang NAMA.

Bukan, bukan nama seorang aktris ataupun aktor, bukan pula nama penemu ataupun profesor, apalagi nama dia. #ahsudahlah

Yang akan ku bahas kali ini adalah tentang AKU

Ya, namaku.

ABDUL JABBAR FATHONI
Ada yang mau tau makna yang terkandung di dalam namaku?

Nggak ada?

Oke, pertanyaan aku ganti... ada yang tau makna yang terkandung di dalam namaku?

Kalau ada yang tau, komen di kolom komentar ya. Biar beragam jawaban dan arti baru yang akan ku temui.

Kalau belum ada yang tau. Aku bisa jelaskan semua ini! Sungguh! #apasih

Ada banyak makna yang tersirat ataupun tersurat yang ada didalam namaku. Surveyku mengatakan bahwa makna dari namaku ini memiliki sebuah tanggungjawab yang sangat berat. Mengapa?

Yuk kita bahas... Cek Dis Aut!!!

1. Asal usul nama
 Aku yang masih imut pun kala itu bertanya kepada Ibu. Tentunya ibuku, bukan ibu yang lain, apalagi ibu yang tertukar.

"Bu, kenapa sih aku dinamakan Abdul Jabbar Fathoni?", tanyaku dengan kepofullicious

"Dulu, kamu itu mau dinamakan Abdul Jabbar Sulthoni. Tapi, karna makna Sulthoni itu sultan, takutnya kedepan kamu akan jadi orang yang semena-mena atau merasa menjadi orang yang paling berkuasa. Makanya diganti jadi Fathoni.", Jawab ibu dengan sungguh sebenarnya membuatku tambah penasaran. Bukan karena aku ngerti sih, justru karna sebaliknya. #ea

2. Arti nama
Aku yang dinomor satu masih belum sepenuhnya mendapatkan jawaban atas pertanyaanku dinomor satu. Maka, aku di nomor dua pun memutuskan untuk melanjutkan bertanya kepada Ibu.

"Trus, emang arti nama aku apa sih bu?", tanyaku masih dengan kepofullicious

"Abdul itu berarti Hamba, Jabbar itu berasal dari Asmaul Husna Al-Jabbar yang artinya Yang Maha Perkasa, dan Fathoni itu berasal dari salah satu dari 4 sifat  Rasululloh SAW. yaitu Fathonah yang berarti Cerdas.", Jawab Ibu dengan pembahasan yang sebenarnya agak berat untuk anak seusiaku saat itu. Tapi, nggak apa. Karna kala itu aku masih polos, aku pun percaya. #fix

Dari percakapanku dengan ibuku diatas, aku pun menyimpulkan arti dari Abdul Jabbar Fathoni adalah Hamba Yang Maha Perkasa (Allah) yang cerdas.

3. Hasil survey  
Aku yang dinomor duakan itu pun masih belum menyerah. Karna ke-kepofullicious-annya kambuh total. Maka aku yang dinomor tigakan pun bertanya kembali. Oke, kali ini bukan ke Ibuku. Kali ini aku bertanya kepada Mbah "You Know Who". Bukan, bukan Voldemort. Ya, Mbah Gugel.

Aku yang dinomor tigakan pun menuliskan "arti nama Al-Jabbar."

Kenapa yang ditulis hanya seperti itu? Bukan nama ku yang seutuhnya? Entahlah, mungkin karna memang aku hanya penasaran pada makna Al-Jabbar itu.

Maka muncullah jawaban yang beragam, sebagai begini:
1. Yang Maha Berkuasa
2. Yang Maha Berkehendak
3. Yang Maha Perkasa
4. Yang Maha Memaksa
5. Yang Maha Kuat
6. Yang Maha Menundukkan segalanya

Bagus maknanya? Ya wajar, karna itu asmaul husna.

Tapi ada satu makna yang membuat aku geli. Arti Jabbar dalam Bahasa Sansekerta adalah Penghibur. Membaca kalimat ini kok membuat aku berspekulasi negatif ya? #ahsudahlah.

Oke. Sekarang yang kita akan bahas adalah... "Jadi, pesan moralnya apa?"

Oke, karna aku mau postingan ini penting dan yang penting ini postingan. Maka...

Aku akan menyimpulkan semuanya...

Mungkin memang ada yang pernah mengatakan "Apalah arti sebuah nama?". Namun, bagiku nama adalah sesuatu yang sangat berarti. 

Sebelum aku melanjutkan, sebaiknya kalian BACA INI

Kalau kalian belum baca postinganku diatas. Kemungkinan kalian akan susah untuk memahami yang akan aku katakan selanjutnya. Eh, maaf... Maksudnya yang akan aku ketikkan selanjutnya.

Ibaratnya seperti pada postinganku yang aku bagi tadi. Ini PENTING ya. Makanya aku tebalkan. Anggap saja nama kamu Mawar. Jika orang tua mu memberimu nama mawar, bukan berarti kamu seperti mawar, wangi tapi berduri, indah tapi bisa menyakiti. Tapi, bisa jadi ada do'a lain atau makna lain yang tersirat juga tersurat didalamnya. Karena aku lebih percaya terhadap perkataan "Nama adalah sebuah DO'A". Jangan pernah mencoba untuk bereksperimen terhadap nama. Misalkan kamu punya anak, dan karna kamu penasaran apakah benar nama adalah do'a, maka anakmu kamu namakan MALING. Mengerti? semoga yang membaca ini mengerti yang aku maksud. Jika tidak, silahkan baca ulang. Karna makna yang terkandung di postingan ini ada makna yang tersirat juga tersurat. Yang pasti, ini bukan kampanye.


1m1c7
Proyek #1m1c

You Might Also Like

6 komentar:

  1. wow berat namanya ya, bagus banget artinya. salam penting, bang! :))

    www.iamandyna.com

    BalasHapus
  2. Keren ya arti namanya, orang tua memang tidak asal untuk memberi nama. Semoga rezeki, karir dan yang lainnya di mudahkan ya, Mas. Good Luck :)

    BalasHapus
  3. Kalau saya, dari pada bereksperimen (apalagi nanyanya ke mbah gugel) saya lebih mempercayai makna yg sudah jelas dari nama saya. Dengan begitu, saya bisa selalu hidup positif (karena doa yg baik ada dalam nama saya) 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, memang begitu sih ka. Cuman asik-asikan aja, soalnya maknanya beragam. Dan untuk Yang Maha Perkasa itu sendiri adalah makna dari Al-Aziz. Makanya saya mencari makna yang sebenarnya apa. Tapi, insya Allah artinya baik.

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni