Penting Banget

Jawaban dari segalanya, Al-Qur'an

2/21/2017 Abdul Jabbar Fathoni 4 Comments


Jawaban dari segalanya
Al-Qur'an lah tempatmu mencari jawaban dari segala pertanyaan

Kali ini aku mau membahas sesuatu hal yang lebih berat untuk dibahas.

Aku akan berbagi kepada teman-teman semua betapa indahnya bila kita benar-benar belajar kepada sumber yang sebenar-benarnya sumber pula.

Hal ini dimulai saat muncul beberapa pertanyaan dalam diri aku.

"Dari mana sih asal-muasal kita menyebutkan jika batu itu adalah "batu"? dari kapan? siapa yang mengajarkannya?"

Pertanyaan semacam itu selalu aku tanyakan pada diriku, dan tak jarang pula aku berdiskusi dengan teman-temanku hal-hal sepele semacam ini.

Memang sih, menurut beberapa orang sepele. Tapi, jika kita memang benar-benar penasaran dengan ini semua, sebenernya pertanyaan sepele namun memusingkan itu ada jawabannya loh.

Dan, pertanyaan-pertanyaanku dari dulu itu baru-baru ini aja terjawab.

Oke, sekarang aku akan berbagi pengalamanku tentang ini.

Waktu itu lagi kuliah Mata Kuliah Pendidikan Karakter Bagi ABK. Dosenku mulai bercerita mengenai kisah nabi adam...

"Allah hendak menghilangkan pandangan miring dari para malaikat terhadap Adam dan menyakinkan mereka akan kebenaran hikmah-Nya yang menyatakan Adam sebagai penguasa bumi, maka diajarkanlah kepada Adam nama-nama benda yang ada di alam semesta yang kemudian diperagakan di hadapan para malaikat. Para malaikat tidak sanggup menjawab firman Allah untuk menyebut nama-nama benda yang berada di depan mereka dan mengakui ketidaksanggupan mereka dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui sesuatupun kecuali apa yang diajarkan-Nya.

Adam lalu diperintahkan oleh Allah untuk memberitahukan nama-nama benda itu kepada para malaikat dan setelah diberitahu oleh Adam, berfirmanlah Allah kepada mereka bahwa hanya Dialah yang mengetahui rahasia langit dan bumi serta mengetahui segala sesuatu yang nampak maupun tidak nampak." (didapat dari sini

begitu kiranya dosenku bercerita. Aku udah nggak begitu ingat jelasnya. 

Intinya dari situ aku sudah mendapat jawaban. Bahwa bahasa yang sekarang kita bawa itu, baik pengetahuan tentang batu, burung, dll. adalah berasal dari pengetahuan yang dimiliki Nabi Adam, yang telah lebih dahulu diajarkan oleh Allah Swt.

Aku sangat senang, karna akhirnya aku sudah mendapatkan jawaban dari semua pertanyaanku sejak lama. Ya... Semua pertanyaan kita pada hakikatnya pasti telah ada jawabannya di Al-Qur'an, hanya saja kita tak mau mempelajarinya lebih jauh, dan kita kurang memahami makna yang tersirat didalam kandungan ayat-ayat Al-Qur'an. 

Begini lah kiranya jawaban yang aku dapatkan, jika bersumber langsung dari ayat Al-Qur'an.

Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!" Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Baqarah [2]: 31,32)

Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan ?" Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS. Al-Baqarah [2]: 33,34)


Bagaimana? Kalian masih meragukan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup nyata bagi seluruh manusia, terutama bagi Umat Muslim.

Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk kita semua termasuk diriku, agar selalu membaca Al-Qur'an jika memiliki hal yang dipertanyakan ataupun jika kita sedang buntu terhadap sesuatu. Aamiin ya robbal 'alamin

proyek blogger
proyek blogger 1minggu1cerita

You Might Also Like

4 komentar:

  1. MashaAllah.. Al quran memang buku pedoman hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget ka. hehe. Semoga kita semua bisa selalu berpedoman pada Al-Qur'an

      Hapus
  2. setuju sekali dengan judulnya mas bro. Salam kenal ya :D

    BalasHapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni