Solusi Penting

3 Cara untuk Memaafkan Kesalahan

2/12/2017 Abdul Jabbar Fathoni 12 Comments


1minggu1cerita
Cara Jitu nih

Maaf
Apa sih sebenarnya maaf itu?

Banyak orang yang menggunakan kata maaf, bahkan kata tersebut terkadang seperti menjadi kata--kata yang wajib kalau kita ingin berbicara dengan sopan. Padahal, sebenarnya banyak orang yang nggak terlalu tau dengan makna maaf yang sebenarnya dan harus digunakan disaat apa aja.

Maaf adalah sebuah ungkapan yang berupa permintaan atau permohonan apabila kita melakukan kesalahan. Entah itu disengaja maupun nggak, entah itu berkenan maupun nggak.
Gimana? sudah tepatkah kalian dalam menggunakan kata maaf?

Kalau sudah, yuk kita lanjut!

Memaafkan

Muncul lagi sebuah kata yang membuat kita semua bertanya. Sebenarnya makna memaafkan itu apasih? Trus, gimana sih caranya agar kita bisa memaafkan kesalahan seseorang?

Penasaran??? Yuk, langsung aja kita bahas!

Cek Dis Aut

1. Jangan menyimpan dendam
Sejahat apapun perlakuan yang diberikan orang ke kita. Janganlah kita balas dengan hal yang serupa. Semua agama yang ada pun pasti mengajarkan untuk tidak pernah menjadi orang yang pendendam. Menurut gue, ini yang perlu kita terapkan pertama kali untuk menjadi orang yang pemaaf. Walaupun perlakuan yang kita dapat itu sangat buruk.

2. Belajar ikhlas
Selanjutnya yang harus kita terapkan adalah selalu belajar atau menerapkan di dalam diri untuk ikhlas. Kita harus mengikhlaskan semua hal yang telah orang lakukan ke kita. Karena orang yang pendendam otomatis dia nggak ikhlas untuk melepaskan semua dendamnya. Begitu pula sebaliknya. Inti dari ikhlas adalah kita harus lebih dulu memaafkan perbuatan buruk orang lain, meskipun tanpa adanya permintaan maaf dari dia.

3. Balas keburukan dengan kebaikan
Jika kalian mendapatkan perlakuan buruk dari orang lain, janganlah membalasnya dengan sebuah keburukan lagi. Biasa aja, perlakukan dia seperti perlakuan kalian yang sebelumnya. Insya Allah, jika kita membalas keburukan dengan kebaikan, mereka yang tadinya lawan bisa jadi kawan.

"Hidup lebih indah jika kita bisa saling memahami
Hidup lebih berkah jika kita saling mengerti
Tali silaturahmi lebih aman dengan saling memaafkan
Yakini diri untuk saling berbalas kebaikan".
1mg1cerita
#1mg1cerita

You Might Also Like

12 komentar:

  1. Teorinya begitu kakak..
    Tapi syusyaaah juga aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya. Memang, segala sesuatu yang berbentuk teori itu memang mudah untuk diutarakan, tapi susah untuk diaplikasikan.

      Hapus
  2. Setuju sama komen #1. Butuh hati seluas samudera biar prakteknya lancar 😊

    -Tatat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget ka. Harus selalu berlapang dada. Jangan cuman suka berlapang bola. #eh *apaansih* haha xD

      Hapus
  3. Subhanallah teori nya keren kak... Simple dan Jelas
    Cuma ya itu praktek nya syusah bingits.. apalagi yang poin ketiga
    Membalas keburukan dengan kebaikan,, ini paling susah neh, kalo org lain jahat sama kita, yg plg mudah itu tdk berbuat jahat lagi sama dia. Tetapi kalo orang lain jahat sama kita, terus kt nya baik sama dia. Aduh,,rasanya berat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau memang seperti itu ka. Makasih atas tanggapan positifnya.

      Hehe, iya... Bener banget, emang susah prakteknya.

      Hehe, iya ka, bener juga. Tapi, cobain deh mulai sekarang praktekkan semuanya. Insya Allah Berkah. Aamiin

      Hapus
  4. Setuju mas dengan tips ini. Betul juga kalau kita bisa membalasnya dengan kebaikan. Selain merasa tentram hati, bisa lega juga :)
    Doain aja biar orang yang berbuat buruk kepada kita bisa sadar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini nih. Setuju banget bang! Memang itu yang akan kita dapatkan kalau mempraktekkan ini semua.

      Iya, bener banget, semoga aja mereka bisa sadar.

      Hapus
  5. Yupppzzz... setuju!
    Memaafkan akan membuat hidup kita damai, jadi jangan lama-lama membenci, ntar jadi cinta.. hehehee.. :D

    #SalamKunjunganBalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, makasih sudah setuju.

      Hehe, bener banget, pasti membuat hidup kita lebih tentram dan damai.

      Duh, kalau dari benci jadi cinta, kayak judul sinetron dan lagu dong. *eh

      #SalamMakasihBanyakUdahNgunjunginBalik

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni