Solusi Penting

3 Cara Mengatur Waktu biar Makin Ahoy

1/21/2017 Abdul Jabbar Fathoni 30 Comments


Jam aje
Nyomot dari gugel

Waktu

Menurut kalian apa sih waktu itu?

Ada yang mengatakan. Waktu adalah uang. Adapula yang mengatakan kalau waktu adalah segalanya. Atau segalanya memerlukan waktu. Bagi gue, itu semua bener. Mungkin, kalian yang membaca blog ini bisa menuliskan pendapat lo semua tentang waktu di kolom komentar di bawah.

Untuk bisa mengoptimalkan waktu, kita perlu untuk memanajemen waktu, atau mengatur waktu kita. Dan untuk bisa memenuhi itu, kita harus benar-benar memiliki tekad, ambisi yang kuat. Tentunya untuk berdisiplin waktu.

Terus... Gimana sih caranya membagi waktu kita atau mengatur kita agar kehidupan sehari-hari kita bisa lebih optimal dan berisi hal-hal yang lebih bermanfaat?

Yuk kita bahas bersama di sini...

Cek Dis Aut!!!

1.Tulis Agenda
Gugel
Kalender comotan gugel
Agar bisa mengoptimalkan waktu kita, kita harus menuliskan setiap agenda yang kita lakukan. Baik, itu adalah janji, rapat, ataupun acara liburan. Mau itu agenda perbulan, perminggu, perhari, perjam ataupun kalau perlu perdetik kita. Lo bisa coba menuliskan agenda lo ditempat atau suatu benda yang sering lo liat atau lo pegang. Kalau gue sendiri menuliskan agenda harian di catatan hp gue, karena hp adalah benda yang nggak pernah lepas dari pegangan dan pandangan gue. Sedangkan untuk agenda bulanan yang dibagi dalam mingguan ataupun harian gue ngebuat sebuah kalender agenda. Bagi kalian yang mau mengikuti untuk membuat kalender agenda seperti gue, silahkan aja beli kalender agenda di toko ATK terdekat, atau kalau nggak ada bikin aja dari papan tulis kecil, trus lu buat tabelnya dengan spidol permanen dan tanggal maupun agendanya pake spidol papan tulis. Saran: Jangan lupa penghapusnya. Gue tau itu catatan atau kenangan penting, tapi sesuatu yang berbau masa lalu itu tetap aja harus dihapus. Demi masa depan yang lebih menjanjikan.

2. Kuatkan Tekad
Ea Gugel
Harus Bisa. gugel
Setelah lu udah tulis agenda lu seperti yang gue bilang di atas. Lu harus kuatkan tekad lu, untuk memenuhi agenda lu sendiri. Karna agenda yang lu tulis adalah seperti sebuah janji yang harus lu tepatin. Agar lu bisa terhindar dari lupa yang memang hakikatnya ada pada manusia. Lu harus bertekad. Ketika sudah menulis sebuah agenda di catatan pribadi, ya harus lu penuhin, atau agenda itu akan percuma atau nggak akan pernah terpenuhi dan waktu lu nggak akan optimal. Saran: Agar waktu lu lebih optimal, lu nggak perlu menuliskan jadwal lu detail banget. Ya, masa kegiatan wajib lu sehari-hari kaya mandi dan sholat harus lu tulis juga. Oh iya, jangan lupa gosok gigi dan bereskan tempat tidur ya.

3. Disiplin Waktu
Disiplin Gugel
Disiplin ya. Gugel

Setelah lu sudah menguatkan tekad untuk memenuhi agenda yang lu tulis. Hal yang lu harus lakukan selanjutnya adalah disiplin waktu. Ya, mau gimana pun juga, demi kesejahteraan waktu yang lu miliki perharinya, lu harus disiplin waktu. Misalkan aja, dalam sehari, lu punya 3 janji yang berbentrokan dan hal itu ada yang dadakan dan ada yang sudah lama lu rencanakan serta itu semua nggak bisa diubah lagi. Jangan khawatir, jangan panik juga, jangan juga lu korbankan salah satunya, yang harus lu lakuin adalah berdisiplin waktu. Lu tinggal bagi aja waktu lu dalam sehari itu untuk melakukan 3 janji tersebut. Contohnya, janji pertama lu lakukan di jam 10, janji kedua lu lakukan jam 13 dan janji ketiga lu lakukan jam 14. Nah, lu harus bener-bener disiplin untuk memenuhi janji tersebut sesuai janji yang lu targetkan. Saran: Jangan berjanji kalau lu nggak bisa tepatin. Lu tau kan PHP itu nggak enak. Jadi jangan lakuin ya, plis.

Begitulah kiranya 3 cara mengatur waktu menurut gue. Untuk 3 cara diatas, lu bisa lakukan hanya salah satunya, lu bisa juga lakuin ketiganya baik itu berurutan atau nggak. Semua kembali lagi ke diri lu masing-masing. Yang pasti, lu harus tetap semangat dan jangan galau mulu. Karna hari-hari atau waktu yang lu miliki itu lebih berharga. Jangan lu sia-siakan untuk bergalau saja. Oke?!

You Might Also Like

30 komentar:

  1. Keren, baca, pahami n praktekan..
    Thank mas..

    BalasHapus
  2. Waktu adalah segalanya.. kalo aku sih terikat banget sama waktu, kayak udah diatur jam bangun sama tidurnya.. :D

    #SalamKunjunganBalik

    BalasHapus
  3. Wahh.....aku nggak pandai mengatur waktu....hehe

    Sering kesiangan, tidur MaLem ngebelain base coc. Yha......begitulah aku

    Satu yg pasti......waktu tidak bisa dibeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya coba mulai atur dong waktunya.

      Waduh, anak coc banget..

      Bisa sih waktu dibeli. Tapi, bagi orang-orang yang memiliki

      Hapus
  4. pernah bikin daftar apa aja yang dilakuin sesuai jamnya...
    pas dah bikin malah satupun yang pas sama daftar :v

    nice lah gan...
    ntar coba diterapkan buat ngatur waktu tidur :v

    soalnya sekarang susah banget tidur diwaktu yang tepat..
    sampe kangen banget tidur dibawah jam 12 malem :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, harus bertekad kuat dan harus disiplin waktu bang.

      Nice atuh.

      Ah, kalau tidur mah gk masalah, aku juga sama kaya gitu juga da.

      Hapus
  5. Aku bukan tipe manusia yang pandai mengatur waktu, kalau ada rencana pasti ntar ntar gitu terus, kalau ada janji kadang datengnya molor hehehe.

    Aku pernah ngelingkarin kalender juga bikin tulisan di tempel di dinding tapi juga kagak mempan. Emng dasarnya aku gak bisa menghargai waktu. Tapi itu dulu lha sekarang ya tetep wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama aja sih sebenernya mah. Gue juga kalau lagi rajin aja rajinnya.

      Kalau ngelingkarin kalender mah gk efektif. Jangan kaya gitu atuh. Yuk berubah

      Hapus
  6. Disiplin waktu itu yang masih belum bisa gue terapkan. Untuk agenda udah, dan tekad juga udah kuat banget. Masalah waktu, masih suka telat melaksanakan agenda, misalnya olahraga sore.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau gitu mah gampang atuh. Tinggal biasain diri aja buat tepat waktu.

      Hapus
  7. Aku bersyukur, sejak kecil udah diedukasi untuk mengerjakan kegiatan tepat waktu. Jadi, berkat edukasi itulah aku bersyukur banyak hal dan manfaatnya sampai saat ini.

    Setuju dengan apa yang bro AJ bagikan di post kali ini. Disiplin waktu memang jadi takaran bagaimana seseorang bisa maju dan tanggap sama hidup ini.

    Semoga semakin banyak yang tepat waktu setelah baca post ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bang heru. Keren atuh lah kalau dari kecil udah diedukasi buat ngerjain sesuatu tepat waktu mah.

      Haha, semoga saja begitu.

      Hapus
  8. Selama ini aku belum bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Terkadang malah suka menyia-nyiakan waktu. Setuju nih sama tulisannya. Harus bisa memanajemen waktu biar bisa bermanfaat waktu yang kita miliki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, bener atuh. Harus bisa membuat waktu hidupnya menjadi lebih bermanfaat.

      Hapus
  9. Waktu adalah hal paling berharga. Gak akan kembali. :)))

    Gue setuuju sama tulisan di atas. Semuanya bener. Terutama yang nomor 3 yang menurut gue paling penting. DISIPLIN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bang!. Memang gk akan pernah kembali.

      That's right! Disiplin! Harus!

      Hapus
  10. Sebenernya disiplin waktu itu mudah, cuman KONSISTEN buat terus disiplin itu yang susah. Terkadang kita hari ini bener bener disiplin, tapi besoknya mungkin saja kita down dan males buat disiplin lagi. Aku sendiri adalah tipe orang yang kurang disiplin, tapi karena tekat yang lumayan bagus, akirnya dikit dikit bisa lah.

    Mungkin aku bakal nerapin buat agenda atau ngejadwalin semua kegiatan biar bisa lebih efektif atau optimal dalam mengerjakan sesuatu. Jadi makasih ya infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama banget kaya aku dis.

      Sama-sama dis. Kalem xD

      Hapus
  11. Aku juga masih bermasalah nih bagaimana mengatur waktu. Harusnya bisa lebih bisa memanfaatkan waktu dengan kegiatan kegiatan, tapi kok malah mainan medsos mulu. Hadeeeh.

    Ok bang aje fathoni terimakasih tipsnya.
    Kapan kapan dipraktikan. Soalnya seringkali aku spontan dalam melakukan suatu hal, eh banyak hal ding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, itu juga kerjaan aku kalau lagi nganggur kali.

      Sip, sama-sama teh ver. Sok cepet terapkan!

      Hapus
  12. Blogwalking :D

    Tambahan lagi Je, tiap hari, bikin satu tema diluar plan yang sudah kita agendakan tiap jamnya.

    Contohnya dari aku:
    Hari Senin adalah hari ngerjain TA
    Hari Selasa adalah hari ngerjain TA
    Hari Rabu adalah hari baca buku
    Hari Kamis adalah hari update blog atau nulis
    Hari Jum'at adalah hari jogging
    Hari Sabtu harinya jalan-jalan atau olahraga
    Hari Minggu adalah me time

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, iya mas. Bener. Haha, itu mah kayanya jadwal kalau udah semester akhir deh.

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni