Penting Banget

Kenangan Masa Lalu, di Kota yang Lalu

1/28/2017 Abdul Jabbar Fathoni 7 Comments

Masa Lalu
Selamat Datang di Sepanjang Jalan Kenangan

Hai guys, selamat datang di sepanjang jalan kenangan masa lalu gua di Kota yang lalu.

Merupakan mantan kota tempat tinggal gua sebelum gua beralih menjadi orang yang tinggal di Kota Bandung.

Gua mau nyeritain tentang kota asal gua sebelum kuliah. Yaitu, Kota Palangka Raya. Ibu Kota yang suasananya masih nyaman selayaknya berada di kota kecil. 

Inilah kenangan-kenangan gue bersama MANTAN kota domisili gua...

Cek Dis Aut!!!

1. Nggak Macet
Gugel
Begini lah tampak atas pusat kota Palangka Raya. -Nyomot gugel-
Kenapa poin ini gua jadikan yang pertama? Mungkin sebelum lo baca penjelasannya lo bakal bilang "Emang nyambung ya?". Lo jangan salah duga dulu. Mending baca dulu penjelasan dari gua. Bagi gue, ini merupakan salah satu kenangan gue bersama si Mantan Kota Domisili (MKD). Ya, yang paling gua inget dari Kota Palangka Raya adalah suasananya yang masih nyaman untuk ditinggali. Palangka Raya itu nggak macet setiap kali seperti ibu kota/ kota besar lain. Palangka Raya bakal macet kalau ada pawai, festival atau demo, dan itu pun nggak akan selama macetnya cintamu padaku. #ea
2. Sekolah Model
Bukan, gue nggak ikutan model kok. Tapi emang gue sekolah di sekolah model. Tapi... Bukan model yang biasa di catwalk ya. Ini mah maksudnya model (percontohan). Gue sekolah di MIN Model, MTsN-1 Model dan MAN Model Palangka Raya. Di MKD gue, kerasa banget kenangannya. Karna dari sekolah-sekolah ini gue merasakan pahit manisnya kehidupan. Mulai dari MIN ya... Di MIN gue ngerasain pacaran pertama kali, waktu itu kelas 5 dan gue ngalamin yang namanya pacaran serba surat (dari nembak, komunikasi, pacaran dan putus pun lewat surat). Dan di MIN gue ngerasain banget pengalaman sewaktu gue masih cupu banget, kuper. Di MIN juga awal mula gue pakai kacamata, karna keingintahuan gue tinggi yang ngebuat gue suka ketagihan ngelihat matahari dengan mata telanjang. Tapi tenang, yang rusak mata kok. Bukan hati.

MIN Model
MIN Model Palangka Raya. -Nyomot gugel-
Gambar diatas merupakan penampakan langsung MIN Model Palangka Raya. Sebuah sekolah yang tentunya menjadi lebih bagus dan terus berubah lebih baik setelah kelulusan gue. Disana lah gue mengenali pacaran untuk yang pertama kali. Dan gue menyesal karna telah mengenal pacaran sedini itu.

Palangka Raya
MTsN 1 Model Palangka Raya. -Nyomot gugel-
Gambar diatas adalah penampakan langsung dari MTsN 1 Model Palangka Raya. Tempat dimana gue merasakan mengkhianati sahabat sendiri, dan rasanya itu nggak enak banget. Masalahnya cukup menstrim, karna satu CEWE. Untung persahabatan kami masih bisa kembali lagi, hingga sekarang.

Buper Tuah Pahoe Paray
Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe
Sewaktu masih MTs. Waktu pramuka tepatnya, pas kelas 8 gue dan temen-temen satu regu pernah mandi di bak besar kayak untuk ternak ikan gitu di bumi perkemahan tuah pahoe, dan kita mandinya kayak orang yang lagi di kolam renang, dan itu cuman pake segitiga pengaman. Setelah kita berkali-kali puas mandi disana, baru ada peraturan kalau dilarang mandi kayagitu disono. Waktu itu, karna saking senangnya, kita sehari bisa mandi sebanyak 5 kali. Untung dilarangnya waktu udah puas mandi. Haha

Keliatan lah ya, di Kota Palangka Raya yang suhu siangnya mencapai 32 derajat celcius ini, so pasti bupernya gersang dan panas banget kalau penampakannya kayagitu. Buat anak pramuka yang nggak takut kotor dan panas, so pasti bakal item sehabis berkemah disana. Tapi, jangan salah, kalau subuh dingin loh.

Palangka Raya
MAN Model Palangka Raya. -Nyomot gugel-
Gambar diatas merupakan penampakan dari MAN Model Palangka Raya. Sekolah dimana gue pernah menjadi Wakil Ketua OSIS di kelas 10 dan Ketua OSIS di kelas 11. Walaupun gue menjadi Ketua OSIS di sebuah madrasah, nggak menghalangi aktivitas kebiasaan gue disaat membutuhkan kasih sayang, yaitu pacaran. Tapi tetep, gue selalu ngejaga martabat hidup gue sebagai ketua yang patut dicontoh, walaupun gue pasti punya haters diluar sana. Alhamdulillah ya...

Oh iya, ada cerita lain juga disini yang gue inget. Gue pernah diselingkuhin 2 kali disini. Dengan orang yang berbeda ya tapi. Dan, gue pernah diselingkuhin disaat gue masih jadi Ketua OSIS. haha *bukan berarti sewaktu jadi ketos gue punya banyak mantan*

Gue juga pernah jadi over protective banget ke pacar gue. Itu terjadi waktu gue masih polos dan baru merasakan yang namanya sayang banget ke pacar. Kejadian ini sewaktu gue kelas 10.

3. Tempat Ikon Kota Palangka Raya
Baca selengkapnya di 12 Ikon Kota Palangka Raya

Gue bakal memberikan beberapa tempat inti pembangunan awal Kota Palangka Raya.

Peletakan batu pertama diresmikan langsung oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Bapak Ir. Soekarno. Tempat ini sekarang menjadi tempat nongkrong yang asik, apalagi buat yang pacaran. Namanya adalah Tugu Soekarno.

Tugu Soekarno Palangka Raya
Tugu Soekarno dari atas. -Nyomot gugel-

Tugu Soekarno Palangka Raya
Patung Soekarno di Tugu Soekarno. -Nyomot gugel-

Tugu Soekarno Palangka Raya
Tugu Soekarno tampak Samping. -Nyomot gugel-
Gambar-gambar diatas dari berbagai referensi di gugel dan berbagai tahun pengambilan. Maaf, gue nggak bisa ngasih gambar nyata yang sekarang. Karna saat menulis ini gue lagi di Bandung demi menimba ilmu dan pengalaman yang lebih banyak lagi. Kalau yang ada patungnya, itu memang keadaan paling baru, sejak terakhir gue ke Palangka Raya saat libur puasa tahun 2016.

Selanjutnya, Palangka Raya dikatakan sebagai Kota Paling Rapi di Indonesia. Entahlah yang keberapa. Karna memang Palangka Raya dibangun dimulai dari 3 Bundaran dulu, baru membangun jalan dan pemukiman, setau gue sih.

Palangka Raya
Bundaran Besar. -Nyomot gugel-
Bisa dibilang sebagai pusat kota, karena tiap tahun tempat utama warga berkumpul adalah disini. Ibarat alun-alunnya Kota Palangka Raya lah. 

Palangka Raya
Bundaran Kecil. -Nyomot gugel
Merupakan bundaran yang memiliki lampu merah terlama yang ada di Palangka Raya. Namun, kalau di hitung-hitung nggak akan nyampe 5 menit juga sih.

Palangka Raya
Bundaran Burung. -Nyomot gugel-
Merupakan jalan penghubung antara jalan ke arah pusat kota, jalan ke arah Kota Banjarmasin dan jalan ke arah Bandara Tjilik Riwut. Disini juga sedang ada pembangunan Masjid Kecubung dan jalan Soekarno yang rencananya menjadi jalan terpanjang di Palangka Raya. Entahlah, sekarang sudah jadi atau belum.

Begitu lah kiranya yang perlu gue sampaikan tentang kenangan bersama MKD gue. Oh iya, perkembangan Kota Palangka Raya bisa dibilang pesat loh. Sejak tahun 2015, masih belum ada minimarket seperti alfimart atau indomarket, eh pas 2016 udah ada, banyak lagi. Trus sekarang lagi dibangun terminal besar untuk bandara Tjilik Riwut. 

Pokoknya...

Gue bangga pernah menjadi bagian dari Palangka Raya.

blogger Indonesia
Proyek Blogger 1 Minggu 1 Cerita

You Might Also Like

7 komentar:

  1. Aku kira mantan pacar, ternyata mantan domisili hahaha
    Biasanya gitu, kalau udah kita tinggal pasti jadi berkembang.
    Sekolah jadi lebih bagus hahaha
    Tapi tetap bangga pernah berada disana ya. Aku blm pernah ke palangkaraya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, bukan ka mei. Mantan Kota Domisili.

      Eh, tunggu dulu... Kita??? haha

      Iya bener banget, soalnya setiap tahun semua yang ada disekitar kita pasti berkembang. Jadi, kita harus lebih berkembang lagi.

      Iya dong, bangga banget, banyak kenangan pahit manis yang dilalui disana.

      Ayo kamei, main-main ke Palangka Raya kapan-kapan. Nggak perlu khawatir soal tour guide

      Hapus
  2. komenku hilang ditelan sinyal........KZL.

    ceritamu sungguh menarik.......hehehe

    haha........kelas 5 SD sudah pacaran. aku mengenal pacaran itu ketika masih SMP, itu aja cuman ngeliatin kawan lagi pacaran. aku belum punya pacar bukan berarti tidak laku, kita sama sama ketos dan aku memiliki banyak gebetan.......wkwkwkwkwkwk :v *curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu sangat menarik.....izin follow blog. hehe

      Hapus
    2. Halah macan, kok bisa komennya ditelan sinyal..

      Ceilah, ketos pas kapan nih can? Anjay, punya banyak gebetan aja sombong lu ah. Sok atuh difollow. Ntar di follback

      Hapus
  3. Dih Abdul, pacaran sejak sd. Byuh. Haha.

    Wuih lagi ikut kontes ya? Dimana? Mau daftar. Loh? :D


    Kota palangkaraya wisatanya apa Abdul? Selain bangunan bangunan itu. Kalimantan kan banyak surga tersembunyi nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dih mbaver. Jangan sirik dong. Haha

      Bukan kontes tau, ini tuh proyek yang pernah dikasih tau widya di grup BE. Hayo loh, ketahuan jarang buka dan baca grup BE.

      Banyak mbaver. Coba baca deh yang direkomendasikan di link yang ada di posting.

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni