Solusi Penting

Tips Menabung Perantauan ala ajefathoni

6/17/2015 Abdul Jabbar Fathoni 40 Comments

image
Widya Herma - Blogger Energy Bandung
Menabung...

Apa yang kalian pikirkan untuk kata tersebut???

Susah? Mudah? Ah, sudahlah?

Jangan mikir yang nggak-nggak, yang gue maksud menabung ini, bukan menabung di toilet ya.
Mikirnya yang ehm-ehm aja, oke!

Untuk menabung, setiap individu pasti mempunyai cara tersendiri. Ada yang sukses, dan ada yang gagal. Menurut gue, menabung itu tergantung dari niatnya. Kalau kita sudah menabung dengan niat yang sungguh-sungguh, maka insya Allah menabung itu akan benar-benar terlaksana. Tapi, kalau menabung itu tidak sungguh-sungguh atau menggunakan cara yang salah. Maka, wassalam, uang tabunganmu nggak akan pernah ada.

Gimana? Sudah dapet niat yang sungguh-sungguh untuk menabung? Kalau belum, coba pikirkan baik-baik niat lo. Kalau sudah, mari kita lihat sama-sama tips menabung dari gue...

Cek dis Aut!

1. Biasakan diri dan targetkan!
image
Biasakan diri ya...
Untuk bisa menabung, kalian perlu terbiasa untuk menabung. Misalnya saja, kalian perlu terbiasa untuk menyisihkan uang jajan kalian tiap hari atau tiap bulan, berapapun itu. Nah, ketika kalian sudah mulai terbiasa untuk menyisihkan uang jajan kalian tersebut dalam tanda kutip "berhemat". Maka, sekarang yang harus kalian lakukan adalah, targetkan! Kalian harus menentukan, berapa target yang mau kalian dapat per bulannya, atau per tahunnya, maka kalau sudah kalian targetkan berapa yang ingin kalian dapatkan. Maka cobalah kalian hitung berapa jumlah yang harus kalian sisihkan setiap harinya. Contoh: Kalian ingin mendapatkan uang minimal 300.000 per bulannya, maka kalian harus menyisihkan minimal 10.000 perharinya. Begitu seterusnya, ingat hal yang berhubungan dengan uang perlu perhitungan yang akurat dan tepat serta cermat.

2. Targetkan untuk menabung dari awal bulan
image
Targetmu!
Kalau misalkan kalian mengeluh tidak bisa menabung karena kalian selalu kehabisan uang diakhir bulan bagi kalian yang hidup merantau. Maka kalian bisa menabung dari awal bulan. Jadi tidak ada alasan lagi buat kalian kehabisan uang. Tinggal targetkan aja, berapa hasil yang kalian ingin dapatkan per bulannya, maka itulah yang harus kalian tabung mulai awal bulan, lalu kalian tinggal berhemat saja hingga akhir bulan dan mendapatkan uang jajan bulan selanjutnya. Contoh: Misalkan kalian ingin mendapatkan uang minimal 200.000 per bulan, maka tiap kalian mendapatkan uang awal bulan, langsung tabungkan atau sisihkan 200.000 itu, lalu kalian langsung menghitung bagaimana pembagian uang bulanan agar kalian bisa menutupi kebutuhan bulanan, baik itu makan, belanja, keperluan sekolah atau kuliah, dll.

3. Jangan di Kartu ATM yang sama dengan kartu yang mendapatkan uang bulanan
image
Bank yang mana hayooo....
Ingin menyisihkan uang, tetapi menaruh uang tersebut di kartu ATM yang sama dengan kartu ATM yang dikirimkan uang bulanan itu sama saja bohong. Karena, menurut gue sendiri, jika masih ada sisa di kartu ATM kita. Yakinlah, setiap orang akan tergoda untuk menghabiskannya, dan bukan tidak mungkin kita akan lupa kalau itu buat tabungan kita. Karena biasanya, akan ada saatnya kepepet di akhir bulan yang membuat diri kita bergerak sendiri untuk menghabiskan uang tabungan tersebut. Tapi, ini tergantung diri masing-masing juga sih. Contoh: Jika kalian mempunyai kartu ATM bank INI, maka uang tabungan taruh lah di kartu ATM bank INI yang satunya lagi, atau di bank ITU saja. Intinya, kalian mau tidak mau harus memiliki 2 kartu ATM. Kalau merasa itu sulit, atau ribet, maka ikuti tips no. 4

4. Jangan taruh uang tabungan di tempat yang mudah terbuka, atau mudah untuk mengambilnya
image
Cari tempat aman
Kalau misalkan uang tabungan berada di tempat yang mudah untuk mengambilnya kembali. Yakinlah, di akhir bulan akan ada godaan untuk mengambilnya kembali. Sudah gue bilang sebelumnya, di akhir bulan itu ada saja keinginan yang membuat kita tergoda untuk menghabiskannya. Maka, taruhlah uang tersebut di tempat yang sulit untuk mengambilnya kembali, dan tahan diri lo. Bukalah uang tabungan, jika menurut kalian uang tersebut sudah pas mantab! Dan jangan lupa, jangan pernah beritahu tempat kalian menyimpan uang tabungan kalian kepada siapapun. Yang namanya manusia, kalau lagi kepepet, ada aja bakat nyurinya bakal muncul. Waspadalah! Contoh: Di celengan ayam yang plastik atau yang bahannya kalengan. Dan, jangan sampai diri kalian tergoda untuk membuka celengan tersebut dengan menggunakan pisau. Percayalah!

5. Jangan lupa, sisihkanlah uang kalian untuk menyumbang
image
Jangan lupa menyumbang
Terlepas dari menabung. Agar uang yang kita tabungkan itu berkah, dan kita mendapatkan kelancaran dalam menabung. Ada baiknya, sisihkan juga uang bulanan kalian untuk disumbangkan. Sekecil apapun jumlahnya, asal ikhlas. Percayalah! Gue udah membuktikannya sendiri. Tapi ingat, jangan pernah mengharapkan imbalan terhadap apa yang kita sumbang, menyumbanglah dengan niat karena Allah. Itu baru yang namanya menyumbang ikhlas.

You Might Also Like

40 komentar:

  1. Wah tips menabungnya keren banget. Tapi emang bener sih menyisihkan uang itu jangan diakhir bulan dan nunggu sisa. menabung itu memang harus ditekadkan dan diniatkan dalam jiwa *halah* emang bener kalo nabung di celengan ayam jago udah pasti bisa diambil biar ga bisa diambil celengannya harus pakai bahan beton wkwkwkk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey kau makhluk gaib, komentar tanpa foto xP. Makasih udah dibilang keren. Sekeren orangnya kan xD Iya, emang gk boleh diakhir bulan, harus dari awal, kalo nggak ya harus rutin. haha iya, tapi kalo pake bahan beton, susah dong x_x

      Hapus
    2. Cilukbaaaa xD oke deh aku ga komen pake anonymous xD

      Hapus
    3. Oke deh, makasih ya the beast xD

      Hapus
  2. menabung mencegah kemiskinan, hidup nabung :v nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi ini bulan puasa. Wajib menabung bro!

      Hapus
  3. tips nya mainstream tapi dibawain enak banget..
    kamu juga ada salah nih di tulisan ini, bro
    tentang pencantuman poto2 cewek cantik berhijab diatas, harusnya jangan dicantumin, soalnya..
    dengan melihat poto mereka, gue jadi nggak berhasrat buat nabung..
    tapi bawaanya malah pengen menafkahi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah bilang pembawaan gue enak. Mungkin yang nggak bikin enak cuman muka gue #ngaku

      Boleh aja, asal jangan menafkahi image utama ya. She's Mine... Ha Ha Ha

      Hapus
    2. ahhhhhhhhh
      yaudah atuh yang kedua juga gak apa apa ya~

      Hapus
  4. ini nih agak susah buat saya, kalau nabung, pasti selalu abis kalau lagi butuh -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh, makanya nabungnya harus sungguh-sungguh. :D

      Hapus
  5. menabung kalo udah dibelajarin dari mulai kecil nanti pas sudah dewasa bakalan lebih mudah n enjoy buat menabung.

    kalo menurut gua, menabung itu (yang beneran untuk tabungan) jangan dibank-bank besar macam b-a, bn-i, man----i dsb, soalnya kalo tabungannya dikit jatohnya berat di biaya bulanan. mending menabung di bank-bank 'kecil' yg reputasinya sudah bisa dipercaya (terutama bank milik pemda).

    di bank-bank kecil itu biasanya limit untuk mendapatkan bunga dari tabungan lebih rendah. dana kurang dari satu juta pun terkadang sudah dapat bunga, dan terkadang tanpa biaya bulanan sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener banget xD

      Oh, gitu ya. Gue baru tau, makasih banyak ya dah ngasih ilmu ke orang kaya gue xD

      Hapus
  6. Kalo gue sih punya cara tersendiri sih kalo nabung, cukup unik. Jadi gini, kalo misalkan gue jajan duit 100rb, lalu kembaliannya ada uang selebaran 10rb misalnya 3 lembar, gue simpan aja tuh yang 3 lbr uang 10rb tersebut. Jadi kita lebih fokus gitu ngumpulin duitnya. Lalu utk medianya gue sediain satu kotak yang bening, biar kita berhasrat lagi supaya ngumpulin duitnya makin banyak :D. Boleh juga sih model lainnya, misalkan duit 5rb, 20rb dll :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga tuh dicoba. Ntar gue cari yang bening-bening #hihi

      Hapus
  7. saya masih punya satu ATM
    sempet mikir sih buat bikin di bank lain tapi rada males ngurusnya.

    itu saya sering nargetin tapi gagal mulu
    enatah kenapa saya kayaknya bukan orang yang bisa menabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending mulai sekarang coba untuk menabung deh. Soalnya, kalo udah berkeluarga nanti, menabung menjadi hal yang sangat penting loh...

      Hapus
  8. Menabung itu baik. Tapi, lo kayaknya bener deh.
    Jangan menabung di ATM yang campur dengan uang bulanan karena setiap kita ngambil uang bulanan pasti ada keinginan juga ikut ngambil uang tabungan yang ada di ATM. Dan satu lagi, simpan uang jangan di tempat yang terbuka dan mudah. Itu juga bener!
    Aku pernah nyimpen uang di tabungan sampek ke bawah-bawah kolong supaya susah ngambilnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya lu coba ikutin kalo tips gue menurut lo bermanfaat dan bener.
      Waduh, nyampe ke bawah kolong. Lah, trus kalo udah saatnya lo ambil, lu mau kek gmn?

      Hapus
  9. bermanfaat banget nih tipsnya. Soalnya gue kalo nabung, awalnya berprinsip jangan sampe uangnya diambil. Ujungnya keambil juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu kebiasaan yang perlu dihilangin bro. Ayo biasakan menabung sejak sekarang!

      Hapus
  10. Wih, postingan yang bermanfaat sekali. Apalagi buat anak-anak perantauan yang lagi menimba ilmu di kota orang..
    Sekarang sih, gue belum ngerasain jadi anak rantau. Soalnya masih SMA dan tinggal sama orang tua. Mudah-mudahan nanti gue bisa dapet kuliah negeri, di luar kota, jadi anak rantau deh. Dan bisa mengamalkan tips-tips diatas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice niat bro!!!
      Bener banget, ini tips yang mainstream, tapi jarang + susah buat diamalin, apalagi sejenis makhluk kaya anak kostan a.k.a perantauan +++ dikota orang. Ah, ini jadi ngebahas yang ++ kan x_x

      Hapus
  11. Foto-foto ceweknya bagus *salah fokus*
    gue pernah nyoba nabung di celengan kayak tips nomer 4, tapi ya itulah.. belom nyampe ke kumpul banyak malah kepake duitnya, hehehe... mungkin gue kudu ngikutin tips dari lo, nabung di tempat yang susah buat diambil lagi :v

    btw, gue setuju sama tips yang terakhir, sedekah itu perlu biar harta kita menjadi berkah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, gue nggak merasa ada yang bisa ngalahin cantiknya cewe gue di image gugel, makanya yang gue jadiin image utama, mendingan dia aja. xD #maafpara_tuna-asmara
      Iya, lo wajib ikutin tips dari gue sepertinya. Dan ya, that's right, kita perlu sedekah agar jadi berkah...

      Hapus
  12. Wah keren tips-tipsnya. Setuju semuanya tspi aku masih belum bisa ngelakuinnya.

    Aku pernah tuh waktu kecil buka lubang celengannya pakai gunting. Alhasil lubang celengannya jadi lebar malah tergoda buat ambil duitnya eh lama-lama habis. Jangan ditiru ya teman-teman

    Sukses ya buat GA nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, bagus lah kalo lo setuju juga Terapin di hidup lo ya!

      Wahaha, gue juga pernah tuh, godaannya gede banget bro!!!

      Aaamiin, makasih banyak dukungannya!

      Hapus
  13. terimakasih infonya mas :) sangat bermanfaat ..

    BalasHapus
  14. diawali dengan tips-tips yang baik, diakhiri dengan promosi. gaul :))
    ya... semua kembai ke pada target dan kemauan yang keras. selama ada kemauan yang keras, target itu pasti bisa tercapai. gue udah nyoba nabung dari dulu. tapi beberapa kali uangnya kepake karena sikap konsumtif datang menghampiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kalo emang bener gaol xD
      Iyap bener banget. Dan sikap konsumtif yang lo bilang itu sebenarnya membuktikan kalau diri lo belum sungguh-sungguh dalam menabung.

      Hapus
  15. Wah ada beberapa hal sulit yang dihadapi pas menabung nih. Kebiasaan, ini yang sebenarnya penting banget. Tapi entah kenapa dari kecil aku diajari menabung, tapi pas gede kebiasaan menabung itu udah hilang.

    Dan bener banget kalo mau menabung itu tempat tabungannya harus disimpan jauh-jauh, kalau bisa disegel, sekalian lubang buat nabungnya ditutup, biar kita nggak bisa ngambil uang tabungannya dan nggak bisa masukin uang juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak sebenarnya hal sulitnya kalo emang gk niat dengan sempurna. Iya, bener banget yang penting hidup dengan terbiasa hemat pada awalnya, lalu hasil dari penghematan itu yang ditabungkan...

      Walah, kalo ditutup trus kita nggak bisa masukin uangnya susah juga bro, itu dilakukan kalo memang tempat tabungannya udah penuh banget aja deh kayaknya...

      Hapus
  16. Wah, pas banget, nih, buat gue yang gak paandai menabung. Keren euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, lu rajin-rajin nabung han. Semangat!!!

      Hapus
  17. Ciyee keren, nih. Tips-nya boleh lah dicoba. Selalu gagal nih dalam menabung. Selalu kepake uangnya. Hhahaha.

    Semoga menaaang~ Pengin ikutan rasanya. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok atuh dicoba Riz xP Lu mah gitu orangnya x_x

      Aaaamiiin... Sok ikutan, hayu kita ramaikan!

      Hapus
  18. Balasan
    1. Sok coba, tapi jgn ampe typo gitu dong! xP

      Mudahan lah, lu baru muncul aja, kaya produk cemilan baru xP

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni