Penting Banget

Perjalanan ini...

8/09/2014 Abdul Jabbar Fathoni 40 Comments

Sebenarnya udah lama gue pengen cerita tentang kisah gue sewaktu balik ke Palangka Raya... Tapi, berhubung Hp merk samsul gue yang udah kebanting + retak 3/4 layar sentuhnya itu, membuat hati meringis nggak bisa upload foto lagi ke Instagram gue.

Langsung aja ya, nggak usah basa-basi deh...

Perjalanan 3 jam dari Bandung ke Cengkareng. Ya, perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta. Dalam perjalanan gue di h-4 lebaran ini, pada jam 4 sebelum memasuki waktu subuh di Bandung, gue harus menempuh perjalanan yang mungkin orang Bandung sendiri males buat keliaran di luar. Karena dingin.

Dalam perjalanan ini, gue puas banget bisa menikmati indahnya pemandangan alam di waktu subuh, yaitu saat-saat menjelang sunrise (baca : nasi sun#eh). Di perjalanan ini, gue sempat mengabadikan beberapa foto yang menurut gue bagus. Dan, foto-foto ini langsung mendapat sambutan jempol hangat dari pengikut setia gue di Instagram, baik pengikut dalam negeri maupun luar negeri.

Gue upload foto itu nggak neko-neko. Gue nggak terlalu berharap di like (baca : ngarep banget padahal). Yang penting gue bisa mengekspresikan kreasi gue dalam dunia fotografi (bener kan tulisannya?). Fitur yang gue pake untuk mengedit karya gue cuma fitur editing pas upload foto di Instagram. Ibaratnya, gue hanya memanfaatkan fitur yang ada #Okesip. Meskipun setiap foto yang gue upload, jumlah penyukanya hanya 20+ tiap foto. Gue cukup seneng. Karena :

"Dalam berbagai hal. Kita nggak butuh untuk selalu melihat keatas yang hanya membuat kita nggak percaya diri. Tapi, lihatlah kebawah. Bagaimana perjuangan orang-orang yang ingin menjadi diri kita. Maka berbanggalah." - Abdul Jabbar Fathoni

Prinsip itu yang selalu gue pegang dalam melakukan berbagai hal. Dan memang bener. Jadilah diri sendiri, kita nggak akan pernah bisa jadi orang lain. Dengan menjadi diri sendiri, orang-orang akan lebih menghargai kita kok.

So, daripada kebanyakan ngomong dan posting ini nggak kelar-kelar. Langsung aja kita bahas hasil jepretan gue. Btw, kamera yang gue pake cuman kamera VGA dari Hp BB Gemini 8520 gue (bukan promosi)

Kaya emote senyum ya?

Hasil foto diatas gue asal jepret aja. Niatnya pengen dapat view bagus. Tapi, karna kamera nggak mendukung + cahaya mentari pagi belum menyinari. So, yang gue dapat cuman cahaya yang lalu lalang. Eh, ternyata setelah gue perhatikan cahaya itu membentuk seperti dua mata dan satu senyuman. Dan lingkaran itu gue yang bikin. Biar lo fokus ke gambar yang gue lingkarin, bukan gambar burem dibelakangnya.

Gambar mata kan? Tapi, mata satu -.-
Sama seperti hasil jepret sebelumnya. Yang ini juga hasil yang nggak disengaja. Lagi-lagi gue lingkarin tuh. Biar kalian ngerti dan langsung fokus kesitu. Gue melihatnya itu seperti mata macan/harimau yang ingin menerkam mangsa. Awal gue ngeliat gue takut, tapi gue #ThinkPositive aja, dan anggap itu sebuah mahakarya. Bagi gue, itu semacam cahaya yang gue nggak tau apa. Btw, gambar ini gue jepret pada sekitar jam 5.10 pagi. Gue nggak inget jam pastinya sih. Menurut kalian gimana tentang foto itu?

Macet Tol Bandung-Jakarta
Bagi kalian yang menetap di Jabodetabek dan sekitarnya. Mungkin pandangan ini sudah biasa. Tapi, bagi gue yang baru merantau, ini luar biasa. Dari foto diatas, gue merasakan sensasi menonton berita di tv tentang macetnya tol tersebut. Gue seperti disajikan sebuah video kemacetan yang biasa ditayangkan di tv. Inilah yang membuat gue suka duduk didekat jendela kalau naik bis atau alat transportasi lainnya. Ngenesnya, saat di bis entah kenapa gue nggak pernah merasakan sensasi duduk berdua dan berkenalan dengan cewe (baca : cantik) di bis #hiks


Mentari pagi
Ya, itu mentari pagi loh. Cuman karena editan yang paling gue suka, membuat kilau mentari pagi seperti mentari dikala terbenam. Btw, gue suka dengan pemandangan ini, latar kota yang menghitam disini, membuat gue lebih fokus terhadap cahaya silaunya mentari pagi ini. Langitnya juga terlihat lebih asri. Sayangnya, karena kamera gue nggak terlalu mendukung, matahari itu cuman bisa gue tangkep silaunya doang.

Perjalanan ini
Foto ini gue ambil pas deket gerbang tol. Kilau mentari di foto yang gue edit seperti perjalanan dikala matahari terbenam ini menjadi lebih nyata dengan foto mobil yang terpampang dengan jelasnya. Dan editan yang seperti melingkar ini membuat yang melihat menjadi lebih terfokus kepada satu mobil itu dibandingkan dengan pemandangan mobil yang lebih banyak di seberang sana. Dan matahari itu lebih mendukung sebuah perjalanan senja. Jujur, gue jadi berasa ngelihat iklan yang ada di tipi-tipi dengan melihat karya gue ini.

Mentari dibalik pohon
Yang gue sukai dari foto ini adalah cahaya mentari dibalik pohon yang membuat pohon itu seakan bersinar di sekelilingnya. Dan sekali lagi, latar kota nun jauh disana membuat sensasi yang lebih "waw" lagi bagi gue.

Perjalanan ini...lagi 
Sama seperti karya yang sebelumnya. Hasil jepretan ini lebih nyata lagi. Karena semua latar mendukung, dan membuat mobil itu seperti mobil yang ada dalam sebuah film ataupun seperti pada iklan-iklan. Lagi-lagi latar kota nun jauh disana membuat foto ini lebih "waw" menurut gue.

Cahaya

Wah wah... Ini yang paling gue suka... Gue bisa mendapatkan foto ini... Cahaya mobil yang lewat ini membuat gue merasakan sensasi kecepatan cahaya... Dengan latar hitam disekeliling membuat cahaya ini lebih nampak dan layaknya sebuah api atau komet yang sedangmenjalar. Btw, itu cahaya dari mobil yang berlawanan loh, tapi seakan cahaya itu dari mobil yang searah dengan bis yang gue naikin itu. Dan pemandangan matahari yang baru terbit disana membuat foto ini terlihat lebih "sesuatu" kalo kata syahrini mah...








You Might Also Like

40 komentar:

  1. wah mudik ni yeeeee ceritannya jabbar :P
    gue juga kemaren mudik lewat bandung, emang seru lewat bandung di tambah sunrise. Tapi kemaren gue gak sempet foto kayak lu, duh.
    btw gak ana foto penampakan kah yang gak sengaja keambil? :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. iya mbalis :)
      Iya kan, seru banget...
      Gua sempat moto karena kebangun pas di bis, dan bertepatan pas sunrise, yaudah jepret aja :)

      nah itu yang dilingkarin merah kira-kira apaan ya :D

      Hapus
  2. Fotonya keren. Dari foto yg keempat sampai terakhir, keren bgt. Mau foto pas saat kyk gitu susah buat gue. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims udah bilang keren... Jadi malu :D

      Kenapa susah? coba aja lagi :)

      Hapus
  3. bagus nih foto-fotonya, lu suka jepret-jepret ya?
    salam kenal, kunjungan pertama nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah dibilang bagus :)
      iya, suka banget jepret. Apalagi pemandangan alam sekitar. Sayang modal cuman hp bb gua doang buat moto. Punya niat buat beli D-SLR, tapi duit nggak ada. #hiks

      kalau berkenan, donasiin gua ya... biar gua bisa berkreasi lebih lagi dibidang fotografi :D

      Salam kenal juga :)

      Hapus
  4. Fathoni. nama itu ngingetin keseseorang #hadeh salah fokus. aku jugaa suka photografi. banget, tp blum bsa ngambil view kaya kmu diatas.

    ada prinsif kamu yg diatas yg aku suka banget. ampe langsung aku screenshoot kata-katanya. setuju banget bahwa kta nggk prlu jdi orng lain, krna orng lain psti bnyk jga yg ingn mnjadi sprti kta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, kok malah inget seseorang. *malu* #loh

      Hehe, itu gua perlu ngambil time yang pas banget buat jepret. Apalagi itu bis jalan cepet banget. Dan, kamera satu-satunya masalah untuk gua nggak bisa berkreasi lebih dari itu, gua kemana-mana, kalau foto pemandangan cuman pake kamera VGA HP gue. Tapi, yang penting gue bisa mengekspresikan karya dalam sebuah jepretan minim itu :) Syukuri aja lah :)

      Ciat, ciat, Alhamdulillah ada yang suka :D

      Hapus
  5. Btw awalnya gue gak takut sama foto yang ada cahaya cahaya anehnya itu, tapi setelah elo jelasin dan awalanya elo takut... gue jadi ikutan takut, haha

    BalasHapus
  6. hasil fotoan loh keren2 juga nih. Baguss, ada bakat jadi fotografer orang nikah ? #eh haha

    itu tol macet yg dimana ? jabodetabek yah ? syukur aja deh di Palembang sini jarang banget macet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih... tapi, kok jadi fotografer orang nikah ._. gua minat sama pemandangan aja, tapi bukan pemandangan yang ehem...

      iya jabodetabek, tepatnya tol pas udah masuk ke Jakartanya... Bagus deh kalo disana jarang macet :)

      Hapus
  7. yap, tuh fotonya keren keren banget, enak ya bisa jalan2 gua kalo jalan jalan cuma bisa keliling Cirebon doang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya :)
      Btw, itu gua nggak jalan, tapi naik bis ._.

      Cie, urang Cirebon. Salam hangat dari Bandung :)

      Hapus
  8. keren dan bagus. rasanya kepengen ikut ikutan dalam berphotografi. kuncinya main photografi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe,, makasih ya put :D yaudah ikutan aja...

      Kuncinya? oke, mulai main dari kunci C aja... #eh

      Hapus
  9. Hahaha kamu mudiknya sendirian ya? Soalnya aku tuh ya biasanya kalo lagi bepergian sendirian yaudah karena nggak bisa narsis akhirnya Cuma foto pemandangan yang aku foto, ya itu karena enggak ada yang motoin aku sendiri *sok tau*

    Kamu suka banget ya sama dunia fotografi, setiap foto punya kesan tersendiri buat kamu gitu hihihi

    Keren kok hasil fotonya :D

    Iya kalo mobil yang melaju cepat terus kita foto itu kalo dapat objeknya pasti keren, seperti ada cahaya yang sedang melaju gituu dehhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, tau banget kalo gua mudiknya sendirian +cuman tas yang nemenin di bangku samping gue :D Tapi, walaupun gua berdua, gua nggak narsis kale :D

      Yap, suka banget. gua suka moto-moto pemandangan sekitar :3 Hehe, emang iya, punya kesan tersendiri, karena dari hasil yang kufoto itu merupakan kesenangan tersendiri bagi gue, dan sekaligus menemani hati yang sepi #eh

      Iya, itu gua suka banget ngeliatnya :D

      Hapus
  10. Kost di daerah mana sih? Foto yang pertama daratannya kok gelap banget, kaya di gunung hhe

    Bandung - jakarta, gue sih mana sempet buat foto-foto, gue terlalu sibuk sih.... Sibuk tidur hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Kircon kang. Tau?

      Emang gelap, kan itu matahari belum terbit. Emang gunung waktu itu...

      Haha, gue juga tidur kali kang, cuman ya selagi ada momen, gue selalu sempatin moto, apalagi momen jarang kek gitu :D

      Hapus
  11. foto yang bawah2 itu sudut pengambilan gambarnya bagus.
    Tapi yg pertama dan kedua itu aku kurang faham makssudnya kenapa ngambil gambar itu..

    selama ini yg aku alami, di fotografi, kita harus berada di tempat yg tepat dan waktu yg tepat utk mengambil suatu gambar.
    selamat belajar fotografi kalo memang tertarik..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :)

      Itu nggak sengaja aja ngejepretnya mba, eh dapat gambar yang bikin penasaran, yaudah lingkerin warna merah aja :D

      Yap, betul mba :3

      Oke deh, makasih :) Selalu semangat kok buat moto apapun yang menurut pandangan itu bagus untuk difoto :)

      Hapus
  12. keren banget kata-kata lo. memang kita itu gausah terlalu tinggi deh ngelihat orang yang diatas kita, cukup menjadi diri kita sendiri aja udah cukup kok, karena Allah menciptakan semua umatnya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. so, selalu tanamkan be my self aja hehe.

    ah, gue juga suka banget melakukan perjalanan di pagi hari setelah subuh gitu. selain udaranya yang sejuk, pemandangannya juga masih asri banget.
    btw, foto-foto lo keren semua loh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, be yourself, and proud with it. So, there's many people that wanna be like you are. :)

      Hehe, iya bang. Gue juga mau sering-sering berangkat subuh ah. Soalnya kemaren perjalanan pulang pertama kali. hehe
      Iya, asri bener.

      Makasih banyak udah dibilang keren. Itu sekeren orangnya loh #ngapain #promosi ._. :D

      Hapus
  13. wah keren" gambarnya bro jadi pengen masang instagram gue ih, itu kirain foto matanya yang bulet" itu haha :D teruslah berkarya boi aku mendukungmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks bro... Ayo pasang dong, trus follow ig gue @ajefathoni #Modus, ntar minta follback aja :3 Bukan bro -.-

      Oke deh

      Hapus
  14. haloo~~

    wah, keren nih. tinggal pakai alat yang bagus plus teknik, bagus pasti hasilnya. meski cuma pakai kamera VGA, tetep keren kok. Ayo nabung buat beli kamera yang lebih bagus hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie cie mbaji datang :D

      Makasih mbaji...

      Hoho, donasiin dong :3

      Hapus
  15. bagus nih, foto-fotonya, pixel-pixelnya membuat poto kemacetan itu menjadi lebih dramatis haha,
    oh iya aku baca commentmu yang diatas, gak harus make DSLR ko, cukup make kamera poket, pilih kamera poket yang bagus, pahami dulu kamera poketnya, segala ISO, Saturation, HDR, dkk.
    coba buka deh http://aldisafadlillahtwc.tumblr.com/post/85370333311 itu aku motonya make hape loh, asal ngerti teknik ajasih.
    DSLR kan mahalnya naujubileh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya dramatisir yah... gue edit via instagram doang :3

      Iya sih... Btw, kamera pocket itu yang mana ya? lupa :D

      Oke. oke, gue buka dulu

      Hapus
  16. Cie calon fotografer haha. Buat seorang penikmat foto kayak aku, itu kebilang bagus loh Dul. Buatku ya, nggak tau kalo Mas Anang. Apalagi aku suka sunrise ataupun sunset.

    Nah loh, jadi kamu udah di Bandung sebelum lebaran Dul? Sampe harus mudik di H-4. Dan itu kebayang banget macetnya. Di tol juga macet ya pasti?

    Good luck deh semoga dunia fotografinya bisa dikuasai dan jangan lupa berbagi. Aku juga suka foto-foto. Foto selfie maksudnya-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Dwi :) Wah, mas Anang nih, susah keknya -.-

      Iya, buat ngurus pendaftaran PTN, tapi nggak dapet #curhat. Iya macet, tapi nggak semacet hari-hari sesudahnya.

      Aaamiin. Cie selfie :D

      Hapus
  17. bagus fotonyaa..
    itu yang ada smile - smile lucu, bisa ya bikin begituaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya :)
      Itu bukan sengaja bikin loh. Nggak sengaja itu -.- Cuman gua lingkarin biar kalian bisa liat

      Hapus
  18. Bandinginnya kayak di iklan-iklan mulu, padahal di film lebih bagus. Haha.. :D
    Eh tapi keren loh.. Itu pake BB? Gue juga pake BB tapi hasilnya gak bagus, mungkin gak dapet moment yg bagus kali ya. Dan lu bersyukur bisa nangkep moment keren gitu.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Kalo di film Indo kan jarang yang kek gini. Lebih sering yang kek di iklan gitu :P

      Iya pake BB om. Iya, bersyukur banget. Seneng dapat momen poto yang bagus :3

      Hapus
  19. Penasaran sama cahaya-cahaya yang dikasi bunderan. Gue sampe nempelin muka ke monitor tapi tetep aja ga paham itu cahaya-cahaya yang kaya smiley itu sebenernya apaan btw.
    Keren banget bisa fotoin sunrise. Itu bisnya dalam keadaan bergerak lagi (eh iya gak sih?). Kalo gue yang ambil foto udah burem kesana kemari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... jangan lebay dulu deh ya :) Nggak perlu sampe nempelin kok :P Kalau hati kamu ke aku mau ditempelin, boleh deh :)
      Nggak tau juga gua itu sebenarnya apaan...

      Makasih udah dibilang keren. Iya bener, itu bis bergerak, cepet lagi :) Masa? coba dulu deh, siapa tau dapet :)

      Hapus
  20. hobi moto-moto nih ye.. atau emang udah kerjaannya selalu foto-foto kemanapun kamu pergi? hasil fotonya juga bagus-bagus apalagi tanpa di sengaja bentuk emoticon senyum.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya dong :3
      gk tiap pergi, kalau aku merasa nemu sesuatu hal yang keren untuk difoto, ya foto. Dimana pun itu :3 Tapi, kalau di toilet atau TPS sih nggak xD

      Hehe, makasih banyak atas pujiannya, iya itu nggak sengaja :3

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni