Penting Banget

Fakta Unik Kota Palangka Raya

8/15/2014 Abdul Jabbar Fathoni 26 Comments

Ada yang tau Palangka Raya?

Bagi yang nggak tau,

Palangka Raya itu...

Ah, kalo gua kasih tau sekarang, jadi nggak rame dong. Baca aja deh sampe habis, biar lo kenal lebih jauh dengan Palangka Raya.

Cek Dis Aut...
Sumber Gambar : gugel | Jembatan Kahayan, Palangka Raya pada malam hari

1. Kota Burung
Siapa sangka Ibu Kota Kalimantan Tengah ini punya ikon burung... Itu tuh, yang badannya item dan paruhnya kuning. Jangan ngeres ya, bukan burung yang itu kok #IYKWIM. Kalau lo nggak tau, nih...

itu burungnya. Saking ikonnya, komunitas Stand Up aja make ikon burung ini. Jangan #SalahFokus

2. Pernah Nggak Ada di Gugel Mep

Siapa sangka, ternyata menjadi "Ibu Kota" itu nggak selalu membuat terkenal kota tersebut, buktinya Palangka Raya tetep aja nggak dikenal oleh banyak orang. Gue pernah nemuin Palangka Raya itu nggak ada tercantum dalam gugel mep. Yang ada malah Kabupaten Sampit. Iya, Sampit itu Kabupaten. Tapi yang terpampang besar malah Nama Sampit yang dikotakin. Seolah Sampit merupakan Ibu Kota. Bukannya gue nggak suka Sampit lebih dikenal orang luar. Cuman, ya, berarti Kalimantan Tengah nggak terlalu dikepoin orang-orang.

3. Kota Pentol dan Bakso Enak
Jujur, menurut pengakuan temen-temen perantau gue yang lain. Di kota-kota besar di Jawa. Mereka nggak pernah nemuin yang namanya Paman PKL "Pentol Keliling". Dan kalo lo mau pemandangan yang kek gitu, lo bisa nikmatin pemandangan seperti itu di Palangka Raya. Dan sekedar info, penjual pentol dan bakso disini kebanyakan orang luar Palangka Raya, kebanyakan sih orang Jawa Tengah. Btw, gue belum pernah nemuin Bakso yang enak kek di Palangka Raya. Kalo lo nggak percaya, coba aja ke Palangka Raya.

4. Mempunyai Jalan Terpanjang di Dunia
Palangka Raya cukup dikenal sebagai kota yang mempunyai Jalan Terpanjang di Dunia. Ya, jalan itu adalah Jalan Tjilik Riwut (Cilik Riwut). Panjang jalan itu adalah dari Bundaran Besar Kota Palangka Raya - Kabupaten Sampit, ukuran pastinya gue belum ngukur. Buat yang penasaran, silahkan ukur sendiri ya.

5. Pernah Direncanakan Menjadi Ibu Kota Indonesia
Presiden Indonesia pertama, Bapak Ir. Soekarno pernah mengunjungi Palangka Raya, dan menaruh + menandatangani peletakan batu pertama pembangunan Kota Palangka Raya sebagai awal pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah. Menurut cerita, Pak Soekarno pernah berangan-angan menjadikan Kota Cantik Palangka Raya ini sebagai Ibu Kota Negara Indonesia. Selidik demi selidik Pak Soekarno pernah mengatakan "Palangka Raya merupakan Kota yang Strategis untuk menjadi Ibu Kota Indonesia". Siapa sangka, bukan?

6. Kota Panas
Palangka Raya panas. Suer. Kalo nggak percaya coba aja ukur suhu normal di Palangka Raya. Itu biasanya mencapai 32 derajat. Dan, karena lahannya gambut, dan masih banyak pasir bertebaran dimana mana. Ya, jadinya kerasa banget panasnya. Apalagi kalau pas mau hujan, gerahnya minta ampun. Kalau mau ke Palangka Raya dan tinggal disana, siapin kipas angin, kalo perlu AC.

7. Hampir Semua Jalan kayak Jalan Tol
Tau jalan tol kan? Nah, hampir semua jalan di Palangka Raya itu kek jalan tol, bedanya tolnya ada motor. Nah, di Palangka Raya, gue sendiri minimal kalo make motor itu 40 km/jam lebih dan maksimal 80 km/jam lebih. Dan itu didalam kota. Karena kendaraan bermotor nggak terlalu padat seperti di kota-kota besar lainnya, Palangka Raya itu hampir nggak pernah macet. Kecuali kalau ada demo di jalan raya yang sering dilewatin. Btw, di Palangka Raya ini banyak banget bensin eceran. Dan kalo mau ke SPBU. Menjelang BBM naik, pasti SPBU penuh, dan antrean itu pernah hampir 2km lebih, antrian mobil tentunya.Tapi, antrean motor juga nggak kalah rame.
Mau tau lebih lanjut tentang Palangka Raya? Yuk search di gugel dan KEPOIN PALANGKA RAYA

You Might Also Like

26 komentar:

  1. Jauh ya palangka raya. Eh aku baru tau loh ternyata tulisan yang benernya itu "Palangka Raya" aku kira "palang karaya" hehehe maklum yaa gak sering merhatiin nama daerah. ahhh tempat aku juga sama kayak kamu, gak keliatan di gugel mep duuuh.

    Palangka Raya jauh ya di Kalimantan, aku malah belum pernah nyebrang pulau Jawa hehe. Kapan-kapan ajak nyebrang ya, terus ajak makan-makan juga nyicipin makanan khas Palangka Raya, pasti enak-enak yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lumayan lah jauh kalo berenang... Iya yang bener itu Palangka Raya yang artinya "Palangka = Wadah/Tempat" dan "Raya = Besar" haha. nggak apa, justru itu tujuan gua nulis ini... Eh, tapi sekarang udah ada di gugel mep lo, kan Palangka Raya Ibu Kota Kalimantan Tengah

      Ayo dah. boleh deh... Makanan khas Palangka Raya? Seluang, Kerupuk Amplang dan pentol tusuk.

      Hapus
  2. hooo :D
    kukira palangka raya itu nulisnya gabung palangkaraya heheh :D

    aah, pentol juga di sunda lebih banyak jenisnya hueee :p

    semoga nanti kalau udah lulus, impian kerja di kalimantannya kesampaian biar isa mampir ke palangka raya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipisah mba... tapi kalau peraturan nasional ya gabung.

      masa? wah, baru tau nih. Sengaja nulis gitu, supaya lebih tau dimana tempat pentol macam pentol keliling.

      Aaamiin... Ntar aku gua ajak jalan-jalan deh disana :)

      Hapus
  3. Bagus nih Dul, cinta tempat kelahiran ya. Sampai hapal gitu sama fakta-fakta Palangka Raya. Entah kenapa, gambar yang jadi pembuka itu bikin aku langsung jatuh cinta. Bagus banget malem-malemnyaaaa!

    Eh serius nggak ada di gugel mep? Wah, separah itukah? Tapi aku juga emang nggak pernah buka gugel mep kalo nggak ada tempat tujuan sih huehe.

    Palangka Raya kan kota yang panas ya? Kok nggak kamu masukin? Dan kota yang tertib juga katanya. Ya aku tau dari orang sih, dari temenku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho, tapi bukan tempat kelahiran gua loh dwi. Palangka Raya tempat gua dibesarin doang. Hehe,, iya dong...

      Iya, dulu sempat nggak ada, tapi sekarang udah ada :3

      Iya, nggak kepikiran buat masukin, thx masukannya, ntar gua masukkin. Tertib? Menurut gue sama aja, cuman nggak sekeras di Jawa kalo masalah lalu lintas. Dan, semua jalan di Palangka Raya, kek jalan tol, gua sendiri jalan 80 km/jam lebih hihi. Wah, asik nih ye ada temen yang di Palangka Raya juga. Cowo apa cewek? Cewek ya? #Modus

      Hapus
  4. Wihh keren banget ya itu jembatannya waktu malam hari :D

    Eh di Banjarmasin juga ada kok pedagang pentol keliling, kalo masalah enaknya sih enggak tau ya. Aku belum pernah sih ke palangka raya :D

    Sampit ya? Keluarga aku sih banyak disana tapi belum pernah kesana juga -_-

    Satu hal, aku pengen banget juga ke palangka raya. Ah seluruh Indonesia juga pengen aku jelajahin sih hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong keren :)

      Nah, cobain deh ke Palangka Raya :) Ntar gua tunjukkin pangkalan pentol enak :)

      Ayo dong dateng, tapi kalo bisa ke Palangka Raya aja ya :)

      Bagus tuh, segera wujudkan !

      Hapus
  5. gambar pembukanya menarik banget.
    jadi pengen ke Palangkaraya.
    terutama buat membuktikan bakso Palangkara-nya itu lhoo.. kayaknya perlu di uji di ITB and IPB dulu deh sebelum bilang 'ter-enak" hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan?? Yuk ke Palangka Raya...

      Eh, sapa bilang "ter-enak" gua nggak nanggung loh ya :D

      Hapus
  6. Wah, awalnya gue kira palangkaraya itu di sumatera, tetanggaan sama palembang atau riau gitu, ternyata di kalimantan toh hhe

    Itu burung apa sih yang jadi simbol? Kakak tua atau gagak? Gue gak ngerti masalah burung-burungan hha

    Orang jawa mah ada di mana-mana ya, kalau gak jualan baso ya bikin warteg hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh bro. Jarang nonton berita ya? Palangka Raya udah sering masuk tipi kok. #terharu

      Itu burung enggang, katanya sih cuman ada di Kalimantan Tengah. Makanya sampai jadi ikon gitu.

      Haha, iya tuh. Betul, tapi asalkan halal mah nggak apa :)

      Hapus
  7. Kurang lebih kayak banjarmasin juga ya.. deketan soalnya.. buat masalah pentol, agak heran juga sih, di Malang nggak ada gue ketemu sama PKL itu tadi. kebanyakan CKL: Cilok Keliling. Susah mau nyari pentol. Biasanya kan kalo di banjar, di mana ada keramaian, di sana ada paman pentol. waktu solat jumat misalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... lo Banjarmasin us? Nah itu maksud gue, temen gue belum dapet tempat pentol dan bakso enak katanya di Malang, padahal bakso Arema di Palangka Raya enak teunan euy... wah CKL ya... hihi...

      Wah, baru tau gua us :3

      Hapus
  8. kalo hampir semua jalan di Palangka Raya mirip tol semua, berarti infrastrukturnya udah modern banget ya?
    pentol keliling di Kediri juga banyak, tapi pake gerobak gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modern??? wahaha,,, mending kunjungi Palangka Raya dulu deh mba lis... Biar ngeliat sendiri gimana Palangka Raya :D

      Wah, sama dong.. hihi :)

      Hapus
  9. Jadi pengin kesono terutama jalan yang panajang sedunia panjang mana sama udin sedunia.??heee
    gue juga baru nyadar tulisan yg bener Palangka raya whahaha Pentol apa an??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang apanya dulu bro :D

      Iya, yang bener Palangka Raya... Pentol itu ya, meat ball yang ada di bakso :)

      Hapus
  10. Pernah gak ada di google? saya baru tahu. Belum pernah main kesana, semoga lain waktu kesampean hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba tis... Serius, pernah nggak ada di gugel mep. #hiks
      Makanya, main ke Palangka Raya gih :3

      Aaamiin :)

      Hapus
  11. jembatannya indah di malam hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih... Emang jembatan Kahayan oke punya kalo malam, tau deh sekarang masih gitu apa nggak. Kayanya sih masih. Btw, itu dapat dari gugel kok :)

      Hapus
  12. udah pernah ke malang belum?
    udah pernah nyobain bakso di malang belum?
    disini baksonya juga enak - enak looh :D

    saking panjnag jalannya, jadi takut kalo jalan malem - malaem u,u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah, cuman blum sempet nyobain baksonya. Dimana yang enak? Temen gua nyari nggak dapet-dapet -.- *jangan salah tanggap dapetnya ya, bukan yang itu kok

      Iya, kalo dari Km. 9 keatas itu peradaban udah mulai jarang, tapi nggak sepi amat sih, cuman penerangan udah berkurang

      Hapus
  13. Wah jd penasaran banget, hr ini sy pesan ticket Terbang pertama kali kesana,nekad dan ngk tau jln :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, semoga selamat sampai tujuan, dan semoga nggak terjadi yang nggak nggak. Palangka Raya nggak seluas eropa kok.

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni