Penting Banget

Kenapa Ayam Jantan Selalu Berkokok Saat Menjelang Fajar?

7/22/2014 Abdul Jabbar Fathoni 8 Comments

Telat bangun pagi? Mungkin udah biasa bagi anak kost...

Mau Solusi? Lihat dulu gambar yang satu ini

omkicau.com
Gagah ya ayamnya? Jadi laper #eh

Oke, jangan fokus ke apa yang terjadi setelah ayam disembeleh dan jadi santapan masyarakat. Saatnya kita fokus bertanya "Kenapa ayam jantan selalu berkokok saat menjelang fajar?". Pernah nggak sih pertanyaan ini terlintas di otak lo? Paling nggak pernah lah, minimal #numpangnongkrong doang di otak. Nah, jawabannya ini nih yang membuat lo jadi punya solusi untuk selalu bangun pagi.

Cek Dis Aut!!!

“Kukuruyuk, dikenal sebagai pertanda munculnya fajar di banyak negara. Namun belum jelas, apakah kokokan tersebut terjadi di bawah kendali jam biologis atau sebagai respon terhadap rangsangan eksternal,” kata Takashi Yoshimura dari Universitas Nagoya, yang melakukan riset tersebut. 
Para ilmuwan percaya bahwa perilaku mereka diatur oleh ritme sirkadian. Selama studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, para peneliti menempatkan sekelompok ayam jantan di ruang kedap suara dan tak berjendela. 
Ritme sirkardian adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup, termasuk tumbuhan, hewan, jamur dan sianobakteria. Ritme ini penting untuk menentukan pola tidur dan pola makan hewan dan manusia
Satu kelompok diamati dalam kondisi 12 jam siang hari dan 12 jam dalam cahaya redup. Sementara kelompok kedua terkena cahaya redup yang konstan sepanjang waktu. Laporan ini menemukan bahwa ayam yang berada dalam kondisi cahaya 12 jam dan 12 jam siklus cahaya redup, mereka teramati berkokok sekitar 2 jam sebelum ada cahaya. Asumsinya, ini adalah waktu dini hari. Dan ternyata, mereka konsisten dengan pengamatan unggas yang ada di alam liar. 
Begitu juga dengan ayam yang ditempatkan dalam pencahayaan redup sepanjang waktu, mereka juga berkokok terus tepat di tiap pagi sebelum fajar. Ini membuktikan bahwa perilaku tersebut disebabkan karena irama sirkadian tubuhnya. 
Sebagai konsekuensinya, kita menjadi sadar jadwal, tubuh kita memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan hal tersebut. Sehingga seseorang yang memiliki fungsi ritme sirkardian yang baik sering dikaitkan bahwa ia memiliki kesehatan yang baik pula.

Gimana dengan penjelasan diatas? Terjawab kan untuk solusi bangun paginya?

Hah? Masih nggak ngerti juga? Jadi gini, kalau lo mau tepat bangun pagi, gue saranin :

- Lo tidur sebelahan aja sama kandang ayam jantan lo! Jantan ya, jangan yang betina. Kalau yang betina bukannya dikokokin, lo malah ditelorin. Tapi, lumayan sih telornya, minta dong satu #modusgaje

- Lo kondisikan, ayam jantannya yang tidur sebelah lo.

- Nah, ini yang paling enak... Kalau lo mau sekalian ada yang nemenin tidur, jangan jadikan boneka untuk temen tidur lo... Tapi, jadikanlah ayam jantan pengganti boneka tersebut.

Semoga saran diatas membantu masalah bangun tidurnya ya...

Jangan lupa... telornya satu, nggak pake bawang #loh

Sumber : tempo.co dan livestockreview.com

You Might Also Like

8 komentar:

  1. Ada juga ayam yang hobinya berkokok tengah malem. Ayam-ayam sekarang mulai pinter bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie. Lu pacaran sama ayam ya? apal bener :D

      Hapus
  2. wih irama sirkadian. baru nemu kata kata kaya begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren kan bro? gua juga baru tau tuh. Nggak ngerti juga awalnya :D

      Hapus
  3. sekarang jaman digital bro tinggal bunyiin suara ayam dari hengpon biar kita bisa bangun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul juga sih. Tapi kalau yang henponnya nggak canggih kan kasian jadinya :D

      Hapus
  4. Ada ayam yang bikin bangun telat, ayam kampus #eh

    BalasHapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni