Penting Banget

12 Ikon Kota Palangka Raya

7/02/2014 Abdul Jabbar Fathoni 6 Comments

Gue bakal sharing tentang ikon "Kota Cantik Palangka Raya". Tempat gue dibesarkan secara brutal (guenya yang brutal) selama 15 Tahun ini. Gue pindah dari Kota Surabaya ke Kota Palangka Raya pada saat berumur 2 tahun, yaitu pada Tahun 1998. Penasaran tentang bagaimana sih suasana atau ikon dari Kota yang "Katanya" sempat dibilang ingin dijadikan Ibu Kota pada masa Bung Karno???

Penasaran??? Mau Tau???
Cek Dis Aut!!!

  • Bukit Tangkiling
Jalan Tjilik Riwut Km. 32 

Bukit ini sangat terkenal akan keindahan alamnya dan telah menjadi Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, disini ada yang namanya "Batu Banama". Bukit ini terdapat di Jl. Tjilik Riwut Km. 32. Untuk mendapatkan suasana dan sensasi pendakian bukit di Kota Palangka Raya, banyak warga Kota Palangka Raya yang meluangkan waktunya untuk kesini. Karena di Palangka Raya nggak ada gunung, maka jadilah bukit untuk didaki.
  • Bukit Batu 
Kasongan

Merupakan salah satu tempat wisata favorit di Palangka Raya, yang terdapat di Kabupaten Katingan. Konon katanya, disini merupakan tempat pertapaan Bapak Tjilik Riwut yang merupakan Gubernur Pertama Provinsi Kalimantan Tengah. Disana sih katanya terdapat beberapa tempat yang dianggap sakral oleh warga setempat.
  • Arboretum
Outbound Anak Himba

Arboretum merupakan tempat penangkaran Orang Utan di Palangka Raya, yang terdapat di Jl. Tjilik Riwut Km. 28, tepatnya didaerah Bumi Perkemahan Nyaru Menteng. Disana juga ada wahana outbound seperti flying fox, halang rintang, dan ada juga penyewaan ATV.
  • Danau Tahai

Danau Tahai merupakan tempat wisata air. Disana terdapat tempat makan, penyewaan bebek air. Pemandangan disana juga cukup oke kok. Tempat wisata ini dekat daerah Nyaru Menteng.
  • Pal 21
Taman Gaul

Nah, tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang paling beken buat anak muda Palangka Raya. Merupakan tempat yang cukup ramai kalo pas liburan. Disini kita disuguhkan pemandangan pasir putih yang bagaikan salju deh pokoknya. Disini ada wahana flying fox, cafe, juga ada penyewaan bebek air.
  • Jembatan Kahayan
Pesona Jembatan Kahayan

Pesona Malam Jembatan Kahayan


Merupakan ikon Kota Palangka Raya. Merupakan salah satu tempat yang pernah dikunjungi Mr. Tukul Jalan-jalan. Dan setiap pagi hingga menjelang maghrib dibawah jembatan terdapat warung-warung makan, dan pemandangan yang cukup indah untuk dipandang apabila air sedang surut.
  • Palangka Raya Mall (PalMa)
Palangka Raya Mall

Merupakan Mall pertama di Kota Palangka Raya, namun keadaannya yang sekarang cukup miris. Karena sedang direnovasi untuk menjadi Hotel. Tapi Mall ini merupakan satu-satunya penyedia Cinema 21 di Kota Palangka Raya. Berada di pusat kota.
  • Mega Town Square (METOS)
Palangka Raya
Mega Town Square Palangka Raya
Merupakan Mall yang terbesar sekaligus pusat perbelanjaan di Kota Palangka Raya, disini terdapat Matahari, Hypermart, KFC, Bakso Lapangan Tembak, Fun City, Time Zone, Tomodachi Cafe, dll. Terdapat di Jl. Yos Sudarso.
  • Bundaran Besar
Bundaran Besar

Bundaran Besar dari atas

Merupakan pusat Kota Palangka Raya, pusat aktifitas dan event-event di Kota Palangka Raya dari Jogging, Tahun Baruan, tempat nongkrong, dll.
  • Tugu Soekarno
Palangka Raya
Tugu Tampak atas

Palangka Raya
Patung Tugu Soekarno

Merupakan tempat bersejarah, dimana konon merupakan tempat peletakan batu pertama patokan pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah. Merupakan tempat nongkrong para kaula muda. Setiap sore banyak anak b-boy yang nongkrong dan dance disana. Tempat ini dibangun dan diresmikan oleh Presiden Pertama RI, Bapak Ir. Soekarno.
  • Wisata Susur Sungai Kahayan
Kapal Susur Sungai Kahayan

Ini merupakan wisata yang cukup diminati. Menyusuri Sungai Kahayan. Tapi, saran ya, jangan naik kapalnya sendiri, MAHAL!!!
  • Bundaran Burung
Bundaran Burung 

Salah satu dari tiga bundaran di Kota Palangka Raya. Merupakan bundaran maskotnya Kota Palangka Raya. Karena terdapat Burung Enggang/ Burung Tingang yang merupakan maskot Kota Palangka Raya.

Sumber Gambar : google

You Might Also Like

6 komentar:

  1. mantap reviewnya.... baru nemu nih blogger palangkaraya.
    dulu aku juga dipalangka, skrg udah pindah ke banajrmasin dan masih sering bolak balik palangka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie cie blogger Palangka Raya juga :D Salam kenal ya. Ntar sharing-sharing bareng atuh

      Hapus
  2. Haii Abdul :) Kami dari Tokopedia nih, apakah ada CP yg bisa di hubungi? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bisa klik menu Contact teh. Disana tertera CP saya.

      Maaf telat balas. Sempat vakum. Tapi, sekarang ingin kembali konsisten blogging.

      Hapus
  3. salam kenal Saya dari palangkaraya, reviewnya lumayan menarik mas. semoga kita blogger asal Palangkaraya makin sukses

    BalasHapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni