Penting Banget

Naskah Drama - Putus Cinta? No! Putus Narkoba? Yes!

1/19/2014 Abdul Jabbar Fathoni 2 Comments

NASKAH DRAMA
Putus Cinta? No!
Putus Narkoba? Yes!



Oleh : Gugus Depan 49-50 Pangeran Hidayatullah
(Naskah Otentik dan Ide oleh Abdul Jabbar Fathoni)


49-50 Pangeran Hidayatullah



MAN MODEL PALANGKARAYA
2013


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kami dari Gudep 49-50 akan mempersembahkan drama yang berjudul “Putus Cinta? No!!! Putus Narkoba? Yes!!!”. Pemerannya bukanlah anak biasa, melainkan orang yang sudah ahli di bidangnya, dan memiliki semangat yang luar biasa, seperti yang berikut ini:

1.      Abdul Jabbar Fathoni                                     Sebagai                        Diko
2.      Angga Reza Maulana                         Sebagai                        Budi
3.      Rollah Muhammad Arasy Hasan        Sebagai                        Pa Roki
4.      Mutia Khairun Nissa                           Sebagai                        Putri
5.      Khairun Ni’mah                                  Sebagai                        Viki
6.      Rahmi                                                  Sebagai                        Niky
7.      Lupa                                                    Sebagai                        Narator

Dengan bersama kita bisa, membuat hal menjadi bisa
Dengan semangat kita bisa, wujudkan harapan kita bersama
Dengan kreatif kita bisa, ciptakan karya yang penuh makna
Dengan drama kita bisa, mencurahkan ide yang luar biasa.

Inilah persembahan drama dari Gudep PH, Selamat Menyaksikan!!!

Disuatu kota yang asri nan indah, yaitu kota yang cukup terpencil dari pandangan orang, akan tetapi kota yang sangat ramai dan banyak penduduknya, bernama kota situ gunting. Terdapat sekolah yang saat itu menjadi salah satu sekolah terfavorit dikotanya, yang bernama SMA 121 Wiro Gembleng. Yang mana merupakan sekolah yang terkenal dengan julukan “Hanya seragam”. Karena seragam yang dikenakan hanyalah seragam saja, yaitu seragam pramuka.

Di koridor sekolah,

Diko                  : (Lirik sana-sini nggak jelas) Hmm, kok koridor sepi banget sih? Tumben? (muka bingung)
Pa Roki : “Ya jelas aja koridor sepi, wong yang lain masih pada belajar!” (Jewer telinga Diko)
Diko      : “Apaan sih nih berani banget jewer telinga gue? Siapa sih yang berani ngeganggu  gue yang lagi nyantai?” (Melihat ke belakang) “Eh, Pak Roki. Ngapain Pak disini? Nggak ngajar? Haha”
Pa Roki : “Nggak, Diko. Kamu ngapain Disini? Nggak belajar?”
Diko      : “Haha, nggak pak. Bosen (nyengir). Eh pak, Istri bapak nyariin bapak tuh coba liat!” (Menunjuk kearah yang dimaksud)
Pa Roki : (Melihat kebelakang) “Mana Diko? Nggak a..da tuh. Eh malah ngilang orangnya. Oh iya, Diko!!!”
Diko      : (Dari kejauhan) “Apa, pak?”
Pa Roki : “Bapak blum punya Istri Diko!!! Sialan gue dikibulin siswa gue. Apes-apes.”
Diko    : (Berlari menjauh dari Pa Roki) “Fiuh, hampir aja gue ketangkep basah. Ckckck. Sekarang, mending gue hunting aja. Maklum Jomblo!”
Budi    : “Uy, dik! Ngapain lo?” (Nepuk pundak)
Diko    : (Menengok ke belakang perlahan) (setelah beberapa detik saling pandang) “Eh, copot, Kaget gue! (mukulin budi versi banci) Ehm, ehm, gue lagi cari cewe nih, bakal jadikan pacar. Haha”
Budi    : “Alah lo, boro-boro ada yang mau jadi pacar, cewe aja takut ngeliat lo!”
Diko    : “Apaan lo?! Jangan salah, gini gini gue pernah jadi primadono waktu SD. Cewe-cewe pada nguber gue semua. Tau kenapa?”
Budi    : “Wuih, ebat bener lu Dik. Kok bisa? Lu santet ya?”
Diko    : “Bukan! mereka nagih utang semua sama gue. Coba tanya sama alumni SD 21, siapa yang nggak kenal Diko? Mereka, ngedenger nama gue aja! Beuh, langsung dah!”
Budi    : “Langsung apa bud?”
Diko    : “Pasti langsung gebukin lo! Secara gue dulu sering ngutang. Ngerjain PR aja gue rela sampai harus ngutang. Kurang apalagi coba gue? Cakep nggak, Keren nggak, Duit Nggak punya. Eh, banyak ya ternyata kekurangan gue. (Muka lemes)”
Budi    : “Tenang Dik! Lo punya kelebihan yang nggak semua orang punya!”
Diko    : “Apaan bud?”
Budi    : “Lo punya banyak kekurangan.”
Diko    : (Cuek dan ngeliatin cewe cakep) “Wuih, Bud, Cakep banget dah tu cewe. Namanya siapa ya?”
Budi    : “Itu mah si Putri. Halah, lu jangan ngimpi deh! Paling juga baru lu bilang Ehm. Dia sudah bilang gini nih “Mau Nembak? Ngaca dong!” lo nggak bakal dapetin dia, buat kenalan ama dia aja mustahil buat lo!”
Diko    : “Di dunia ini nggak ada yang mustahil bro!”
Budi    : “Ada kok yang mustahil. Mustahil kalo lu ganteng! Haha”
Diko    : “Haha, brengs*k lu (sensor, tidak boleh ada kata-kata kasar disini). (Datengin Putri)”
Viki     : “Put, hati-hati. Ada anak brandal tu. Kayanya mau nembak lu deh!”
Putri    : “Ih, Amit-amit dah, gue kenal ama dia aja nggak mau. Liat mukanya aja ya, (mau muntah) Serasa mau Bunuh diri gua!”
Diko    : “Ehm, ehm.”
Putri    : “Ape Lo Ehm, ehm? Mau nembak gue? Ngaca Dong! Dirumah nggak punya cermin apa, jadi kelewat pede gini pake acara mau nembak gue. Hmm, Nggak level!”
Diko    : “(Ternyata bener kata Budi) “What!!!! Siapa Lo?”
Putri    : “Elo tuh yang siapa?”
Diko    : “Lo Siape!!!?”
Putri    : “Lo Siape!?”
Diko    : “Sudah cukup! Sekarang gue mau nanya, SIAPA GUE!!!? Lo Nggak Tau Siapa gue? Hah?”
Putri    : “Nggak!”
Diko    : “Sama, gue juga nggak tau. (Muka murung).
Viki     : “Cukup! Sekarang lo mending pergi dari sini!”
Diko    : “Enak aja, siapa lo berani merintah gue? Lo aja sana yang pergi!”
Viki     : “Pokoknya lo yang harus pergi, enak aja nyuruh gue pergi. Gue duluan disini kok!”
Diko    : “Cukup!!! Mendingan Lo aja yang pergi Put!! Lo Jahat! Lo Nggak tau gimana perasaan gue! Hati gue tenggelam dalam lautan luka dalam, trus tersesat dan tak tau arah jalan pulang, trus jadi butiran debu, dan akhirnya debunya ketiap angin, Trus mata lu kelilipan ama tu debu. Lu mau? Lu Tega? Jahat! Jahat!”
Putri    : “Oke! Yuk vik, kita pergi.” (langsung pergi)
Diko    : “What!!! Gitu doang! Nggak ada kreatif-kreatifnya tuh orang! Improvisasi dialognya dikit kek, biar enakan guenya. Huhu, gue galau. Baru kali ini gue ditolak. Huuu.”
Budi    : “Ya jelas lah lu baru kali ini ditolak. Lu baru kali ini nembak cewe. Kasian lo dik! Ckckck”
Diko    : “Bud?”
Budi    : “Apa Bro.”
Diko    : “Aku Galauuu”
Budi    : “Iye gue tau.”
Diko    : “Bud?”
Budi    : “Iye, gue tau!”
Diko    : “Bud!!!”
Budi    : “Ape sih? Lo galau? Gue juga Tau Blo*n (sensor, tidak boleh ada kata kasar disini)”
Diko    : “Bukan Bud, Traktir gue minum dong, haus nih dari tadi pagi blum minum sama sekali, kan dari tadi gue cuap-cuap. Masa nggak dikasih minum.”
Budi    : “Iye dah, nih lap dulu muka lo! Siapa tau jadi bagusan dikit”
Diko    : “Bud?”
Budi    : “Ape lagi sih?”
Diko    : “Macacih beud ya. Ih Budi baek beud deh ama eke ih. Yuk kita pulang”

Bel pulang berbunyi

Budi    : “Ih, jijik amat lo dik, rasa nyesel ada juga nih gue temenan ama lu.”
Diko    : (Gaya Macho) “Budi, pulang yuk!!”
Budi    : “Itu juga jijik tau! Biasa aja dong. Yok kita cabut dari sini.”
Diko    : “Bud?”
Budi    : “Apa lagi sih lu? Gue tabok juga lu, manggil gue mulu!”
Diko    : “Lo punya cermin nggak?”
Budi    : “Oh, kirain kenapa. Nih, gue punya. Gue nggak kaya lu dik, gue sering ngaca dulu sebelum tembak cewe, biar keliatan sesuai apa nggak tu cewe dengan muga gue.”
Diko    : (Bercermin) “Hah?” (Terkejut) “Lu siape? Gue nggak percaya muka gue kaya gini (sedih) Ini fitnah! masa gue bercermin dapetnya kayagini? (Nunjukkin cermin ke penonton) Gue nggak mungkin sejelek dia! Karena ... Gue lebih jelek dari dia!”
Budi    : “Nggak usah disesali, itu takdir dan harus disyukuri. Masih mending lo punya muka, daripada nggak punya. Yuk pulang dik.”
Diko    : “Budiii!!!”
Budi    : “Ape Lagi?”
Diko    : “Kaki gue lo injek!!! Sakiit tau! Sakiiit”

Di gedung kosong

Diko    : “Loh, bud. Kok lo bawa gue kesini.”
Budi    : “Udah lah nyantai aja dulu. Lo lagi galau kan? Gue tau solusi yang tepat!”
Diko    : “Ah, masa? Apaan coba?
Budi    : “Minum bodrexin aja!”
Diko    : “Eit, tidak boleh iklan.”
Budi    : “Ou iya ya”
Diko    : “Lo ada sesuatu yang bisa bikin stress ilang nggak?”
Budi    : “Nih, cobain aja.”
Diko    : “Wuih enak nik kayanya.” (Mencoba memakan)
Niki     : “Stop Diko!” (Teman-temanku sekalian, adegan ini jangan ditiru. Jangan pernah sekali-kali Anda mencoba mengkonsumsi Obat-obatan terlarang seperti narkoba. Karena masa depan Anda masih panjang.)
Diko    : “Lo siapa?”
Niki     : “Udah, lu diem aja. Gue ceritanya temen lo dari kecil. Nama gue Niki. Oke?”
Diko    : “Oh, gitu ya. Oke Deh! Ada apa Niki? Kenapa kau berusaha menghentikanku memakan gula ini. Eh maksudnya, serbuk ini?”
Niki     : “Itu Narkoba dik, kamu kenapa sih? Galau? Kalau galau, jangan risau. Masih banyak kok cewe cantik dan baik, dan mau nerima lo apa adanya.”
Diko    : “Apa? Nggak mungkin ada cewe spesies itu didunia ini. Nggak mungkin! Apa!!! Ini Narkoba? Bud, lo jahat. Gini yang namanya teman? Mulai sekarang! Kita Putus!!!!”
Budi    : “Oke, gue juga udah nyesek sama kelakuan lo selama ini, lo nggak tau penderitaan gue berteman sama lo. Gue diejekin 7 hari 7 malem nonstop, karena temenan ama lo. Sebelum lo yang mutusin gue, gue duluan “Kita Putus!!!” (Nampar Diko)”
Diko    : “Aw, sakiit tau!”
Niki     : “Sudah lah sobat, tidak usah dipikirkan, dia bukan teman yang baik.”
Diko    : “Siapa? Budi? Oh, biarin aja, gue emang udah dari dulu kok mau putus hubungan ama dia. Tapi, tetap aja gue galauuu!!”
Niki     : “Sudahlah dik. Jangan galau, kan ada gue.”
Diko    : (Wah lumayan nih penonton, dia cantik) “Ehm, ehm.”
Niki     : “Apa lo dik? Mau nembak gue? Ngaca dong!”
Diko    : “Huaaa, gue galauuuu season 2”
Niki     : “Haha, becanda kok dik, kalau kamu nembak gue, gue akan bersenang hati untuk menerimanya, sejak kecil saat-saat ini lah yang gue tunggu dik”
Diko    : “Makasih nik, ternyata bener kata lo, kalau galau nggak usah risau. Karena masih banyak cewe lain yang mungkin mau sama gue. Dan tuhan pasti sudah merencanakan pertemuan kita. Aku janji, nggak akan mengecewakanmu. (Yaiyalah cantik gini, mana mungkin disiasiain)
Niki     : “Haha, iya dik sama-sama. Ah, bisa aja lu.”

            Akhirnya Diko pun sudah tidak galau lagi, Diko sudah mendapatkan cewe yang lebih baik dan lebih cantik dibanding Putri dan tentunya yang mau sama dia. Akhirnya mereka pun pacaran dengan penuh suka, canda dan tawa. Diko yang sudah tobat dari narkoba, kini dia mencoba untuk mengikuti Ekstrakulikuler Pramuka di SMA 121 Wiro Gembleng. Dia pun akhirnya mendapatkan pengganti Budi yang lebih baik. Dan Diko pun sudah tak lagi menjadi anak yang suka membolos. Pada intinya, keterpurukan itu bukan suatu akhir, melainkan hanya awalan saja, dan akan berubah menjadi kesempurnaan di akhir cerita.

Salah bukanlah masalah, karena salah merupakan awal dari pemecahan masalah
Khilaf mohon diberi maaf, karena kami tak lepas dari khilaf
Hanya ini yang dapat kami berikan. Jika berkenan, marilah bertepuk tangan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


You Might Also Like

2 komentar:

  1. Kalau ada videonya, pasti bakal seru nih kayaknya, hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya ada videonya, tapi mungkin sama anak pramuka SMAN4, soalnya kemaren waktu pentasnya tengah malem kami. Jadi yang nonton dari MAN sama SMAN4 aja -.-

      Hapus

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni